Sarana Dagang UMKM, Ketua DPD KNPI Medan Support ‘Belawan Lokomotif Square’

/ Sabtu, 01 Desember 2018 / 23.26.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-Ketua DPD KNPI Medan El Adrian Shah SE mensupport dan mendukung pembangunan kios perdagangan umum ‘Belawan Lokomotif Square’ di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Belawan II Medan Belawan.

El Adrian Shah SE, Sabtu (01/12/2018) menyempatkan diri bersama pengurus DPD KNPI Medan meninjau lokasi rencana pembangunan kios dagang umum guna sarana perdagangan Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) di Utara Kota Medan ini.

Tokoh muda yang dikenal selalu menyupport pemuda dalam berwirausaha ini menerangkan, perkembangan Kota Belawan dari masa ke masa akan semakin baik yang harus dibarengi dengan peningkatan ekonomi masyarakat dan kaula mudannya.

Didampingi Camat Medan Marelan SP, Ketua DPD KNPI Medan dua periode ini menyampaikan ke pengembang agar memfasilitasi peran serta pemuda dalam menjalankan operasional sarana perdagangan ini guna menyerap lapangan kerja.

“Pemuda yang berwirausaha akan meningkatkan kemandirian dalam kemajuan perekonomiannya. Kami himbau juga dunia usaha mengikutsertakan pemuda dalam beraktifitas dalam kegiatan nya,” kata jebolan SMA Negeri 4 Medan ini saat kunjungannya disela kegiatan Muscam ke XII DPK KNPI Medan Belawan ini.

Hadir bersamanya, Bendahara DPD KNPI Medan Burhan Sinaga bersama beberapa pengurus lain dan para ketua dan pengurus Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kepemudaan Islam (OKI) di Medan Belawan.


Sementara Camat Medan Belawan Ahmad SP memprediksi berdirinya sarana perdagangan ‘Belawan Lokomitif Square’ ini akan menambah lokasi perdagangan yang akan meningkatkan kemajuan perekonomian masyarakat. Dia menyarankan agar pemetaan zona dan jenis perdagangan diatur sedimikian rupa guna menyelaraskan kebutuhan pasar.

“Selaraskan zona dan jenis barang dagangan dengan kebutuhan pasar. Akan makin baik mendukung pendapatan para pedagang yang kalau memungkinkan diprioritaskan bagi masyarakat setempat,” ujar mantan Sekcam Medan Kota ini.

Dipaparkannya, berdirinya pusat perdagangan UMKM di depan Pelabuhan Nasional Bandar Deli akan menjadi nilai plus tersendiri untuk memajangkan produk lokal Kota Medan khususnya Belawan yang akan menjadi cinderamata bagi pengguna jasa angkutan laut itu. “Bagi pengguna jasa angkutan laut, tentu akan memudahkan mereka mendapatkan cinderamata atau oleh-oleh yang mereka butuhkan ke tujuan mereka. Coba gali sektor itu dan arahkan pengguna jasa kios ini untuk itu,” katanya.

Sementara Senior Marketing PT Jaya Agung Mutiara Ari Budi Mulia menjelaskan, Kios ‘Belawan Lokomotif Square’ direncanakan akan dibangun 205 kios dengan berbagai ukuran yang akan dioperasionalkan pertengahan Tahun 2019 ini.
“kami berencana akan membangun 205 kios berbagai ukuran dan akan di pasarkan ke pelaku Usaha Kecil Menengah dan Mikro dengan aneka produk dagangan dan sarana perkantoran pembantu serta lainnya. Saat ini kami konsentrasi finishing regulasi,” ujar Pria yang berdomisili di Medan Belawan ini.

Dia mengharapkan dukungan semua pihak, baik itu Tokoh Pemuda, Para Pimpinan OKP dan OKI serta Pemerintah berikut pimpinan dan personil TNI/Polri guna suksesnya operasional ‘Belawan Lokomotif Square’ ini.

“Mohon bantuan semua pihak agar lancarnya operasional ‘Belawan Lokomotif Square’ ini. Kami mewakili manajemen PT Jaya Agung Mutiara akan selalu berkoordinasi dan memohon sumbang sarana dari para senior dan para ketua serta pimpinan pemerintah, TNI/Polri di Medan dan daerah Belawan ini,” ucap Ari Budi Mulia.

Sementara Tokoh Mayarakat Medan Belawan Misno yang akrab disapa Minok yang merupakan konseptor dan penggagas pembangunan sarana perdagangan UMKM ini menyampaikan, dasar pemikirannya adalah guna meningkatkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan dengan memudahkan perolehan sarana perdagangan umum itu.

"Kita menggandeng PT Jaya Agung Mutiara untuk pembangunan sarana perdagangan UMKM dan sarana lainnya untuk menjadi sentra ekonomi baru di Medan Belawan ini hingga bisa meningkatkan taraf hidup pelaku usaha dan masyarakat di Belawan ini dengan memanfaatkan berbagai aspek ekonominya," ujar Misno yang juga Ketua PAC PP Medan Belawan ini. (PS/ALFAN)





Komentar Anda

Terkini: