SOMASI Gelar Dialog Interaktif, OPD Tanjungbalai Terkesan Enggan Hadir

/ Selasa, 11 Desember 2018 / 23.21.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-TJBALAI- Refleksi 3 Tahun Masa kepemimpinan Walikota  Tanjungbalai Termuda se-Indonesia HM Syahrial SH MH, eleman yang menamakan dirinya Solidaritas Masyarakat Indonesia (SOMASI) menggelar Dialog Interaktif, Senin (10/12/2018) malam.

Namun meski diundang, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tak ada yang menghadirinya dan terkesan enggan menjawab pertanyaan masyarakat yang selama ini ingin ketransparan di daerahnya.

Ketidakhadiran OPD pada acara terbuka yang digelar Aktivis Wahana Anak Pinggiran Indonesia (Wahapi) Kota Tanjungbalai dan Pergerakan Anti Koruptor (Predator) Tanjungbalai beserta pemuda dan masyarakat Tanjungbalai menimbulkan kekecewaan.

Hal ini ditegaskan Ketua Wahapi Tanjungbalai Andrian Sulin SH didampingi Ketua Predator Fitra Panjaitan, Selasa (11/12/2018) di Tanjungbalai.

Mereka menyampaikan sikap kekecewaanya kepada Pemerintah Kota Tanjungbalai hari ini karena sebagai penyelenggara Dialog Interaktif mereka tegas menyampaikan bahwa Pemerintah terkesan ‘Gagal Total’ dalam melakukan upaya  mensejahterakan rakyat.

Andrian Sulin menilai aspek penting seperti Pendidikan, Kesehatan, Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Kerakyatan tidak memiliki perkembangan apapun bahkan mereka menyatakan  kegagalan Walikota Tanjungbalai semakin parah.

Dipaparkannya, Guru berdemonstarsi, Perawat berdemonstrasi, Aktivis berdemonstrasi, Nelayan berdemonstrasi, Karyawan PDAM berdemonstrasi serta banyak Balita terkena gizi buruk, ekonomi semakin merosot dan terindikasi korupsi pembangunan semakin banyak.

“Ya salah satu contohnya terkait pengalokasian dana miliaran rupiah untuk pembangunan infrastruktur Pulau Baswesen yang ternyata saat ini terindikasi belum menjadi milik aset Pemerintah Kota tapi sudah dikuncurkan dana pembangunan nya. Maka dengan ini Lembaga  SOMASI akan segera membuat Laporan Dugaan indikasi Korupsi Anggaran terkait pembangunan pulau Baswesen tersebut kepada penegak hukum,” tegasnya.

Sementara Ketua Predator Fitra Panjaitan membahas persoalan Gedung Olah Raga (GOR) kota Tanjungbalai yang telah dimenangkan oleh Pihak Penggugat pada putusan Kasasi Mahkamah Agung dari Pemko Tanjungbalai. “Kami mendesak Pengadilan Negeri segera melaksanakan eksekusi Amar Putusan Mahkamah Agung dan menyerahkannya kepada pihak yang berhak dan sejalan dengan itu SOMASI akan melakukan Clas Action sebagai bentuk perlawanan kami dan melaporkan Walikota Tanjungbalai atas kerugian masyarakat akibat hilangnya Aset berharga kita,” pungkasnya.

Sementara Tokoh Pemuda Fajrin Pane SH MH memaparkan, banyak yang tadi nya pertanyaan pertanyaan dari masyarakat,namun judul dari Dialog Interaktif ‘Masyarakat Bertanya, Pemerintah Menjawab’, tidak terealisasi kali ini karena ketidakhadiran OPD.

“Ya, kalaupun Walikota berhalangan, seharusnya dia bisa mengutus perwakilan Sekda atau Kabag Hukum agar bisa menjawab pertanyaan pertanyaan masyarakat ,” kata Fajrin.

Ditempat yang sama Sekjen Barisan Rakyat Anti penindasan (Brantas) Vicky Suprayoto menyatakan, sebagai masyarakat kota Tanjungbalai sangat  mengesalkan ketidak hadiran pemko Tanjungbalai dalam acara yang dibuat oleh kawan-kawan aktivis.

Menyikapi persoalan ketidakhadiran OPD, lanjutnya, terkesan seolah-olah Pemko hari ini tidak mau mendengarkan aspirasi masyarakat dan terkesan hanya menghamburkan APBD dalam pembangunan Pulau Baswesen.

“Yang dimana kita ketahui akses jalan menuju Pulau Baswesan tersebut tidak layak, dan disaat air surut juga keruh dan disaat pasang air sangat tinggi yang bisa menenggelamkan para pengunjung. Bagaimana para wisatawan mau datang,” ujar Vicky.

Hadir pada kegiatan itu dari Pimpinan PD Alwasliyah Tanjungbalai Gustami S.Sos MMPd, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tanjungbalai, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)Tanjungbalai Yan Aswika Marpaung SH, Sekretaris KNPI Tanjungbalai Sueb SPdi dan PK KNPI Tanjungbalai Selatan Daman Sirait SH beserta seluruh lapisan aktivis pemuda dan masyarakat Tanjungbalai.
(PS/SAUFI)

Komentar Anda

Terkini: