Berbaur Dari Desa ke Desa, Pemuda GM Pekat IB Asahan Gelar Khitanan Massal

/ Kamis, 03 Januari 2019 / 21.11.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM-ASAHAN-Pemuda dari Generasi Muda Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (GM PEKAT-IB) Kabupaten Asahan, menggelar program road show khitanan massal dari desa ke desa se Kabupaten Asahan.

Kepada poskotasumatera.com, Rabu (2/1/2019) Ketua GM Pekat-IB Asahan Muhammad Dadang Irwan Rany SH ketika memberikan sambutan mengawali kegiatan khitanan massal di Kecamatan Sei Dadap.

Dia menuturkan, sebagai wujud pengabdian dan program kerja GM Pekat-IB Asahan di Tahun 2019 ini. Secara bersama sama mereka awali di kediaman Mantri Irfan Arif Lubis di Desa Tanjung Asri Dusun V Kec. Sei Dadap. Sebanyak 10 orang anak yang kurang mampu di khitan.  "Kegiatan sosial ini akan dilaksanakan nantinya dari desa ke desa," imbuh Dadang dalam kata sambutannya.

Sementara, Ketua GM Pekat-IB Provinsi Sumatera Utara Khairul 
Anhar Harahap SH mengapresiasi program kerja khitanan massal yang dimulai dijalankan dari desa Tanjung Asri Kecamatan, Sei Dadap di Kabupaten Asahan.

Dia menilai, Khitanan merupakan ajaran yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS untuk dilaksanakan, disebut sebagai kalimat perintah dan larangan. “Beliau telah menjalankan perintah tersebut secara sempurna, sehingga beliau dijadikan Allah SWT sebagai panutan dan imam seluruh alam," kata Khairul.

Setelah Nabi Ibrahim AS,lanjut Khairul, tradisi dan sunnah khitan berlanjut bagi semua rasul dan para pengikut mereka, khususnya yang beragama Islam. Dalam riwayat juga disebut Rasululullah Muhammad SAW perintahkan ‘Barangsiapa masuk Islam, maka berkhitanlah, sekalipun sudah dewasa.

"Kedepannya jika liburan sekolah, kita dari Pemuda GM Pekat-IB akan memfasilitasi semua warga yang anaknya sudah cukup umur untuk segera di khitan," diutarakan Khairul mengakhiri.

Pantauan dilapangan dalam acara itu, terlihat juga hadir dalam kegiatan tersebut para pengurus GM Pekat-IB se Asahan, Tokoh masyararakat, Kepala Dusun yang langsung mendampingi anak-anak yang akan dikhitan beserta para orangtuanya yang semangat antusiasnya. (PS/SAUFI)



Komentar Anda

Terkini: