Bupati Karo Dampingi Kunker Gubsu

/ Jumat, 25 Januari 2019 / 15.25.00 WIB
Sambut Gubsu : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH Saat Bersama Gubsu Edy Rahmayadi Di Desa Raya Kecamatan Berastagi - Kabupaten Karo. POSKOTA/BUDIMAN S

POSKOTASUMATERA.COM -
KARO - Rombongan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) tiba di Kantor Dinas Parawarsa di Kuta Gadung Desa Raya Kecamatan Berastagi dan langsung disambut hangat oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang, Kamis (24/1/2019) Pukul 10.00 Wib.

turut dalam Penyambutan tersebut,, Dandim/TK Letkol Inf Taufik Rizal SE, Danyonif 125 /Si’mbisa Letkol Inf Victor Andhika Ckjro, Waka Polres Tanah Karo, Asisten 1 Drs Suang Karo Karo, Asisten 3 Mulianta Tarigan, Plt Asisten 2, Davit Trimei Sinulingga, para OPD Pemda Karo dan para ASN UPT Panti Pada. 

Dalam Kunjungan Kerja tersebut, Gubsu langsung meninjau Tempat Penampungan Pelatihan Ketrampilan Binaan bagi Perempuan yang kebanyakan pesertanya berlatar belakang terlibat dalam penyakit masyarakat yang sedang Latihan Menjahit.

Salah satunya Yanti (26) asal Siantar, saat disapa dan ditanya oleh Gubsu mengaku sudah hampir 2 Bulan berada di Parawarsa. Yanti merasa tidak betah di tempat itu. Atas hal tersebut, Gubsu mengatakan, agar mengikuti aturan yang berlaku. 

“Baik - baik, ikuti aturan sampai 6 bulan Proses Pada", ujar Gubsu. 

"Selain keterampilan menjahit, Kami diajari teori Perawatan Rambut, Perawatan Muka, Perawatan Kulit Tangan/Kaki, Pengeritingan Rambut, Pembuatan Sanggul dan Praktek Mereka", tutur warga binaan lainya dihadapan rombongan Gubsu.

Saat meninjau beberapa ruangan Tempat Pembinaan, Gubsu berpesan agar ruangan tersebut direhab.

”Dibenahi dan diperbaiki, jika perlu tahun ini direhab, sebab Saya lihat tadi ada ruangan asbesnya sudah rusak", tandas Edy didampingi Rajali Kadis Sosial Provsu.

Sebelum meninggalkan lokasi, Gubsu memberikan pengarahan bagi Peserta Binaan agar menekuni ketrampilannya, sehingga sewaktu kembali ke tengah - tengah masyarakat dapat berusaha dengan ketrampilan yang diperolehnya.

Begitu juga dianjurkannya bagi yang beragama Kristen dan Muslim selalu berdoa dan membaca sembari menyerahkan Alkitab dan Alquran sesuai agama masing - masing. 

"Ini Saya serahkan supaya dibaca dan dipahami, agar ada perubahan Rohani nantinya, setelah keluar dari rumah Penampungan Parawarsa ini jangan disimpan saja, tapi dibaca", tandasnya.

Usai tinjau Parawarsa, rombongan Gubsu dan Bupati Karo beserta Forkopimda menuju Kantor Perjoreken yang tidak jauh dari Parawarsa dan dilanjutkan di sejumlah titik, baik Kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Disisi  lain, saat berada di Lokasi Relokasi tahap III di Siosar, Gubsu menganjurkan kepada Dansatgas Erupsi Gunung Sinabung bersama kepolisian agar segera menangani masalah air di Siosar. 

”Kita akui memang saat ini Saya lihat krisis air, tapi dalam waktu dekat ini OPD Provsu akan membantu dan berkoordinasi secepatnya agar penanganan air ini segera selesai", tegas Edy.

Menurutnya, Dana Relokasi Tahap III sudah Stanby di Kabupaten Karo. Dan dana itu sudah diluncurkan dari Pusat sekitar Rp. 161 M yang ditampung di APBN.

"Sedangkan dari Provsu, Kita anggarkan untuk 2019 ini sebesar Rp. 10 M,” ungkapnya. (PS/ BUDIMAN S)
Komentar Anda

Terkini: