Kasek SMKN 1 Angkola Timur : Pentingnya Kedisiplinan Siswa Di Sekolah

/ Minggu, 13 Januari 2019 / 00.16.00 WIB
Kepsek SMKN 1 Angkola Timur Aspan Marwaji Lubis SPd. POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Kedisiplinan siswa sangat penting untuk kemajuan sekolah itu sendiri. Sekolah yang tertib akan menciptakan proses pembelajaran yang baik. Namun sebaliknya, di sekolah yang kurang tertib kondisinya akan jauh berbeda dan proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Meningkatkan kedisiplinan terhadap siswa sangat penting dilakukan oleh sekolah, mengingat sekolah merupakan tempat Generasi Penerus Bangsa.

Demikian disampaikan Kasek Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Angkola Timur Aspan Marwaji Lubis SPd kepada Awak Media di ruang kerjanya, Jum'at (11/1/2019).

Disampaikannya, salah satu faktor yang membantu para siswa meraih sukses dimasa depan yaitu dengan kedisiplinan. Para siswa dalam melakukan kegiatan belajar di sekolah tidak terlepas dari berbagi peraturan dan tata tertib yang telah diberlakukan di sekolah dan setiap siswa harus berprilaku sesuai dengan tata tertib yang telah ada di sekolah, khususnya di SMKN 1 Angkola Timur.

Memurutnya, disiplin merupakan suatu kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukan nilai ketaatan, kepatuhan dan ketertiban. Dengan adanya kedisiplinan di sekolah, diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman dan tentram di dalam kelas. Siswa yang disiplin yaitu siswa yang biasanya hadir tepat waktu, taat terhadap semua perturan yang diterapkan di sekolah, serta berprilaku sesuai dengan norma - norma yang berlaku.

Aspan menjelaskan, adapun faktor - faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa disekolah antar lain :

a. Anak

Agar disiplin di Lingkungan Keluarga dapat berjalan dengan baik , maka sangat diharapkan kerjasama antara semua Anggota Keluarga yang ada di rumah tersebut. Diharapkan juga kesadaran anak itu sendiri dalam upaya membina kedisiplinan.

b. Hukuman

Hukuman merupakan salah satu upaya untuk mempengaruhi perilaku seseorang. Apabila Anak tersebut berbuat suatu pelanggaran atau melakukan tindakan yang tidak baik dan tidak ada teguran dari orang tua, maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang tidak baik bagi Anak itu sendiri.

c. Lingkungan

Faktor lingkungan merupakan faktor yang tidak kalah penting  dan sangat berpengaruh terhadap kedisiplinan. Lingkungan yang dimaksud adalah Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Masyarakat. Apabila Lingkunganya baik, maka akan berdampak terhadap perbuatan yang baik dan positif dan begitu juga sebaliknya.

Sijelaskannya, agar dapat tercipta sikap disiplin siswa yang diharapakan, maka Ketiga Lingkungan tersebut harus saling membantu, menolong dan kejasama, karena masalah pendidikan itu sudah sewajarnya menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, Guru atau Sekolah, Orangtua atau Keluarga dan Masyarakat yang ada di Lingkungan sekitar.

"Jadi dapat Saya simpulkan, dengan adanya kedisiplinan di sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana Lingkungan Belajar yang nyaman. Sehingga siswa mampu memahami bahwa nilai disiplin itu bukanlah bernilai demi disiplinnya itu sendiri, melainkan demi tujuan lain yang lebih luas", kata Aspan. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: