Kasek SMKN 1 Marancar Lepas 78 Siswa/i Ikuti PKL

/ Minggu, 13 Januari 2019 / 09.46.00 WIB
Kasek SMK Negeri Marancar Saat Menyematkan Tanda Pengenal Peserta PKL Kepada Siswa/i Sebelum Berangkat Menuju Tempat PKL Di Halaman Sekolah, Sabtu (12/1/2019). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Marancar melepas 78  Siswa/i nya guna mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Tahap I.
Kegiatan Pelepasan tersebut diikuti oleh para Siswa/i SMK khusus Kelas XI didampingi Orangtua berlangsung di Halaman SMK Negeri 1 Marancar, Sabtu (12/1/2019).

Adapun Siswa/i Kelas XI yang mengikuti PKL di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Kota Padangsidimpuan berasal Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan, Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura dan Tehnik Komputer serta Jaringan.

Kepala SMKN 1 Marancar Afwan Tarihoran SPd saat dikonfirmasi Wartawan terkait hal ini di ruang kerjannya pada, Sabtu(12/1/2019) mengatakan, bahwa Pelepasan Siswa/i untuk mengikuti kegiatan PKL dilakukan dalam rangka memperkenalkan Siswa terhadap Dunia Usaha dan Dunia Perkebunan Tahap I  selama Tiga Bulan ke depan.

"Hari ini kami melepaskan anak - anak untuk mengikuti kegiatan PKL yng disaksikan langsung oleh para Orangtua Siswa/i dan Tenaga Pengajar SMKN 1 Marancar. Maksudnya, Kami memperkenalkan mereka ke Dunia Usaha dan Perkebunan karena anak SMK dilatih untuk berwirausaha", ungkapnya.

Dijelaskannya lagi, dalam kegiatan PKL Siswa/i diberikan kesempatan untuk mengetahui sendiri tentang Dunia Usaha, sehingga ketika Siswa/i menamatkan pendidikan tidak ada kendala yang dihadapi di dunia kerja nanti.

"Sehingga mereka tahu sendiri suka duka di dunia kerja. Karena di dunia kerja tidak selalu berjalan mulus. Selalu ada suka dan dukanya, serta tantangan yang mereka hadapi", katanya.

Berkaitan dengan lokasi PKL, Afwan Tarihoran menjelaskan, SMKN 2 Marancar bekerjasama dngan Perkebunan Batangtoru, dan beberapa Perkantoran di Wilayah Kota Padangsidimpun dan Tapanuli Selatan.

"Nantinya para Siswa/i itu dinilai oleh mitra Kami yakni Dunia Usaha. Jadi mereka yang memberikan penilaian kepada anak - anak Kami", jelasnya.

Ditambahkannya, para Guru juga akan melakukan monitoring kepada para Siswa/i yang telah melakukan PKL ditempatnya masing - masing untuk mengetahui apakah ada Siswa/i yang bermasalah dan meninggalkan PKL tersebut.

Dikatakannya lagi, sebagian Siswa/inya juga nantinya akan di dibagi ke dalam dunia kegiatan PKL dalam dunia Perkantoran dan Perkebunan.

Pihaknya berharap kepada Orangtua Siswa/i untuk memberikan motivasi dan dorongan agar anak - anak berhasil mengikuti PKL. Dan kepada anak - anak juga diharapkan agar menjaga nama baik Sekolah. 

"Bekerjalah dengan jujur dan bertanggungjawab", pungkasnya. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: