BNP2TKI Adakan Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri Dan Migrasi Aman, Kadisnakertrans Kabupaten Kaur : "No Coment"

/ Senin, 11 Februari 2019 / 23.23.00 WIB
Suasana Acara Sosialisasi Pencegahan TKI Non Prosedural Di Kabupaten Kaur. POSKOTA/MIRWAN

POSKOTASUMATERA.COM - BENGKULU - BNP2TKI Wilayah Sumbagsel adakan Sosialisasi Pencegahan TKI Non Prosedural di Desa SP3 Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur, Sabtu (09/02/2019).
Sosialisasi tersebut dilakukan, untuk memberikan pemahaman pada masyarakat yang ingin mengadu Nasib ke Luar Negeri, supaya mengikuti prosedur yang ditentukan Pemerintah.
   
Selain itu, juga bertujuan untuk menekan Angka Pemberangkatan TKI Non Prosedural dan menghindari Pemalsuan Dokumen Kependudukan, serta meningkatkan fungsi kewaspadaan jajaran Pemerintah dan Komponen Perangkat keamanan Desa.
Acara ini berjalan kondusif walau tanpa melibatkan Unsur Tripika, peserta yang hadir yaitu masyarakat yang mendapatkan undangan. Selain itu, juga turut hadir Sekdes setempat dan Babinkamtibmas, srrta Panwascam walau keduanya tanpa diundang.
Dijelaskan oleh Kepala BNP2TKI  Direktur kerjasama dan Vrivikasi penyiapan Dokumen  Dr Ir Haposan Saragih MAgr, bahwa dibutuhkan komitmen bersama dalam Pencegahan Pemberangkatan TKI Non Prosedural di wilayah Kaur.
“Sosialisasi dilaksanakan di Desa Bukit Makmur SP 3 Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur ini dilakukan, untuk menekan Angka TKI yang berangkat secara Non Prosedural.
Haposan juga mengatakan, bahwa jika tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat dan jajaran Pemerintah Desa beserta aparat keamanan, mengenai mekanisme Penempatan TKI yang benar, dikhawatirkan praktik pemberangkatan TKI Non Prosedural akan marak dilakukan.
“Oleh karenanya, dibutuhkan kesadaran dan partisipasi semua elemen dalam pencegahan pemberangkatan TKI Non Prosedural, sehingga proses pencegahan berjalan efektif”, tambahnya.
Sayangnya, Kepala Disnakertrans Kabupaten Kaur Asmawan SSos ketika diwawancara Awak Media, Sabtu  (09/02/2019) terkait kegiatan acara ini, tidak mau berkomentar alias No Coment. (PS/MIRWAN)

Komentar Anda

Terkini: