Festival Seni Qasidah (FSQ) XVI Kabupaten Sergai Tahun 2019 Resmi Dibuka

/ Rabu, 13 Februari 2019 / 11.48.00 WIB
Foto Bersama Usai Pembukaan FSQ Sergai Tahun 2019. POSKOTA/PUTRA

POSKOTASUMATERA.COM - SERGAI - Penyelenggaraan FSQ XVI Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2019 diselenggarakan dari Tanggal 12 - 15 Februari 2019 bertempat di Lapangan Bola Kaki Desa Paya Mabar Kecamatan Tebing Tinggi ini, merupakan moment yang pertama kali pelaksanaan seremoninya terpisah dari MTQ. Hal ini dimaksudkan, agar kemeriahannya dapat lebih dirasakan diseluruh wilayah Kecamatan se - Kabupaten Sergai. Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

Demikian disampaikan  Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam kata sambutannya, saat membuka Acara FSQ XVI Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2019.

Ketua Panitia Pelaksana Sekdakab Sergai Drs H Hadi Winarno MM dalam Laporannya yang dibacakan Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai sarana pembinaan kesenian dan kebudayaan bernuansa Islami, serta sebagai media penyebarluasan Dakwah Islam guna meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Dalam kegiatan tersebut, terlihat hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu SSos SIK MSi, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin SE MTr (Han), Kajari Sergai Jabal Nur SH MH, Anggota DPRD Sergai, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Sergai Ny Hj Khairani Hadi Winarno,
Ketua MUI Sergai Kh Luckman Yahya, Kakan Kemenag Sergai Dr Sarmadanur Siregar MPd, para Asisten, para Kepala OPD, Camat, Kades se - Kecamatan Tebing Tinggi, Ibu - Ibu Perwiridan serta siswa sekolah SMP/SMA.

Kegiatan ini mengambil Tema : "Melalui FSQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2019 Kita Lestarikan Seni Dan Khasanah Budaya Islam dalam Membangun Generasi Yang Unggul Dan Bermartabat". 

Adapun Cabang - Cabang yang di perlombakan sevanyak 10 cabang yaitu : cabang Vokalis Anak - Anak Putra 13 Orang, Cabang Vokalis Anak - Anak Putri 13 Orang, Cabang Vokalis Remaja Putra 13 Orang, Cabang Vokalis Remaja Putri 13 Orang, Cabang Vokalis Dewasa Putra 13 Orang, Cabang Vokalis Dewasa Putri 13 Orang. Cabang Qasidah Klasik Remaja Putra 8 Kelompok, Cabang Qasidah Klasik Remaja Putri 10 Kelompok, Cabang Qasidah Klasik Dewasa Putra 3 Kelompok dan Cabang Qasidah Klasik Dewasa Putri 6 Kelompok.

Disamoaikannya, Qasidah memang tidak sepopuler Band maupun Keyboard yang selalu hadir ditengah - tengah keramaian. Oleh karenanya, tugas Generasi Muda diharapkan mampu memilih dan memilahnya, serta mengembangkan Seni Qasidah agar lebih berharga dan bergengsi sekaligus sebagai wadah pembinaan.

Menurutnya, Seni Qasidah diharapkan dapat membentengi diri dari Pengaruh Budaya terutama yang tidak sesuai dengan budaya bangsa. Apalagi akhir - akhir ini sudah sampai pada tahap mencemaskan. Budaya luar sudah lebih didominasi oleh kalangan Generasi Muda melalui Teknologi Informasi yang tidak cerdas dalam menyikapinya dan berakibat fatal.

FSQ ini bukanlah tujuan akhir, namun yang lebih penting lagi adalah sebagaimana Seni Qasidah dapat berkembang luas di tengah - tengah masyarakat Sergai. Tidak hanya dikalangan orang - orang tua, tetapi juga Generasi Muda, mengajak semua untuk memanfaatkan FSQ sebagai momentum untuk memperkuat Ukhwah Islamiyah persatuan dan kesatuan. 

"Apabila Kita bersatu, maka Kita akan kuat dan tidak ada persoalan yang tidak dapat diselesaikan secara bersama", sebut Soekirman. (PS/PUTRA)

Penyerahan Piala Bergilir FSQ. POSKOTA/PUTRA 
Komentar Anda

Terkini: