Imlek Kondusif, Etnis Tionghoa Terimakasih ke Kapolres Tanjungbalai

/ Rabu, 06 Februari 2019 / 22.51.00 WIB




POSKOTASUMATERA.COM-TANJUNGBALAI-Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama (bahasa Tionghoa: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五暝 元宵節 pada tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī 除夕 yang berarti "malam pergantian tahun".

Di hari imlek 2019 Para etnis Tionghoa dan Konghucu di Kota Tanjungbalai mengapresiasi kesigapan pengamanan rumah ibadah Vihara dan Klenteng  dilakukan personil jajaran kepolisian dan Brimob yang ada di Tanjungbalai yang menjadikan suasana Imlek kondusif.

Sembari bincang bincang dengan sejumlah wartawan, Selasa (5/2/2019) Ketua Klenteng Dewi Samudera , Loyong Lie yang akrab disapa Edy menerangkan kepada poskotasumatera.com, ditahun ini supaya terus kedepan nya supaya bisa lebih baik ,aman damai,kondusif serta kalau bisa ekonomi nya sejahtera terus terutama umat yang merayakan Imlek di kota Tanjungbalai.

“Dikarenakan, makna perayaan Imlek itu merupakan pergantian musim, pergantian musim yang dimaksud yang menggantikan ke musim semi itu artinya dari imlek. Jadi sekalian makna Imlek itu kiranya seluruh keluarga itu bisa untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat,” katanya.

Dijelaskannya, karenakan pergantian musim itu tidak ada lagi disini untuk itu  umat  cukup  ibadah sembahyang sendiri untuk peringati Imlek. “Itu semua dirayakan dari umat kita yang beribadah sembahyang ,dan kumpul kumpul ,boleh dari Budha dan Konghucu,” kata Edy.

Diutarakan Edy lagi, etnis juga berterima kasih sama pihak kepolisian terutama Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai dan petugas dari satuan  Brimob karena sudah mensterilisasikan untuk pengamanan Rumah ibadah Vihara dan Klenteng di Tanjungbalai untuk acara Imlek ini.

Diketahui sebelumnya ,Kapolres Kota Tanjungbalai  AKBP Irfan Rifai,SH,S.I.K memantau perayaan Tahun Baru Imlek di sejumlah vihara dan kelenteng. Dia mengatakan perayaan Imlek berlangsung lancar, aman dan kondusif.

Di lokasi, AKBP Irfan Rifai menghampiri  ke Vihara Tri ratna Pasiran  dan beberapa Vihara dan kelenteng yang ada di kota Tanjungbalai . Dia tampak memantau situasi dan memeriksa jajarannya yang bertugas.

"Saat ini, saya telah melakukan pengecekan dan pengamanan di beberapa titik Vihara dan Klenteng di kota Tanjungbalai yang mana menjadi objek pengamanan kegiatan imlek tahun 2019 ada beberapa Vihara dari Polres Tanjungbalai mengerahkan 87 personil di bagi 69 personil dilakukan voting di beberapa Vihara tersebut dan 18 orang personil diantaraanya mengatur lalu lintas dan Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan imlek ini berawal dari kemarin sore sampai tengah malam,” terangnya.

Dipaparkannya, untuk  Danki Pol Air hari ini mulai dari Subuh 06.00 Wib sudah ada di kegiatan pengamanan Tahun Baru Imlek di beberapa sarana ibadah.

"Sekarang ini juga masih ada melaksanakan kegiatan diantara nya di Vihara Tri Ratna yang sekarang ini barusan kita cek dan Alhamdulillah sampai siang ini situasi aman dan kondusif. Saya berharap juga sampai  dengan malam hari ini tetap aman dan kondusif,” pungkasnya. (PS/SAUFI)




Komentar Anda

Terkini: