JPPR Sumut Tuding Apel Siaga 222 Mengarah ke Capres 02

/ Sabtu, 23 Februari 2019 / 22.29.00 WIB

POSKOTASUMATERA. COM-MEDAN-Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Daerah Sumatera Utara menyayangkan acara Apel Siaga 222 di depan Mesjid Raya Al Mashun Medan Jumat (22/2/2019) kemarin.

Kegiatan yang mengusung Deklarasi pemilu damai tersebut menyusupkan konten kampanye yang mengarah kepada pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02.

Begitu dikatakan Pemantau Pemilu Samsul Halim Ritonga, melalui siaran pers pada awak media, Sabtu (23/2/2019).

"Apel Siaga 222 tersebut mengarahkan kegiatan kepada salah satu Capres-Cawaspres 02, themanya Lawan Kriminalisasi dan Kecurangan Pemilu juga menggiring ketidakpercayaan masyarakat terhadap penyelenggara. Kita sayangkan sekali," ujar Samsul.

Samsul juga menyebut acara tersebut terdapat nuansa kampanye dalam bentuk tanda tangan yang terdapat tulisan hastag 2019 ganti presiden serta foto paslon Capres Cawapres 02 serta diinisiasi oleh tokoh pendukung Prabowo-Sandi.

"Nuansa kampanyenya kelihatan sekali. Ada hastag yang mereka usung tahun lalu serta tanda tangan yang dibumbui foto pasangan Capres Cawapres. Orang-orangnya juga tokoh politik, ada Caleg DPR RI,Calon DPD RI dan Caleg Kabupaten Kota," tegas Samsul.

Sehingga, kata Samsul, JPPR Sumut sangat mengharapkan Bawaslu dapat menggunakan kewenangannya untuk mengusut Apel Siaga 222 tersebut.

"Kita juga temukan dari hasil pantauan bahwa ada peserta yang mengunggah 'Copot Kapolda Sumut' di media sosialnya. Kami anggap sama sekali gak ada hubungannya dengan kegiatan tersebut dan bisa mengarah masyarakat untuk menghasut dan dan membenci,"tutup Mahasiswa Pascasarjana USU ini. (PS/RIADI)
Komentar Anda

Terkini: