Kemenkes dan Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi Germas Hidup Sehat

/ Rabu, 27 Februari 2019 / 16.42.00 WIB
Komisi IX DPR RI Hj Elva Hartati Murman Dalam Penandatangan Kesepahaman Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. POSKOTA/MIRWAN

POSKOTASUMATERA.COM - KAUR - Kementerian Kesehatan RI, Komisi IX DPR RI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur menggelar Sosialisasi Germas Hidup Sehat yang dilaksanakan di Desa Naga Rantai Kecamatan Padang Guci Hulu, Selasa (27/02/2019). 

Sosialisasi Germas ini dilaksanakan berdasarkan surat Edaran Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Direkturat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan No. PK. 03/02/2/0821/3019 tentang sosialisasi Germas, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan masyrakat tentang Germas.

Acara ini dihadiri Anggota komisi IX DPR RI Hj Elva Murman SIP MM, Dinas Kesehatan Propinsi Bengkulu, Kepala Sub Bagian Pembendaharaan  Kesehatan Masyarakat Kabupaten Kaur Eny Suryati SE MKM, Camat Padang Guci Hulu Arbi Sairani, Kepala Desa Naga Rantai Yaliswan serta Kepala Puskesmas Desa setempat dan 180 warga Mayarakat di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Kaur melalui Sekda H Nandar Munadi SSos MSi mengatakan, jika GERMAS ini merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama oleh seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, ”Melalui Germas" diharapkan masyarakat berperilaku sehat, sehingga berdampak pada kesehatan masyarakat yang terjaga, sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan biaya pengobatan yang semakin kurang", ungkapnya.

Sementara, dalam pemaparan materinya, Anggota Komisi IX DPR RI Elva Hartati Murman SIp MM berharap jika masyarakat harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya derajat kesehatan mereka. 

Kata Dia, Pemerintah bersama DPR akan terus berusaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat ini khususnya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

GERMAS adalah langkah strategis Pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang dimulai dengan hal yang cukup sederhana melalui pola hidup sehat mereka dengan membiasakan makan sayur hijau dan buah-buahan segar.

Dalam rangkaian acara Sosialisasi GERMAS ini masyrakat makan buah bersama dan Senam Sehat, serta di iringi dengan rangkaian penanda tanganan kesepahaman meningkatkan hidup sehat oleh Setda Kaur, Anggota Komisi IX DPR RI Hj Elva Murman SIP MM, Waka II DPRD Kaur Baswedan, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bengkulu, Camat Padang Guci Hulu dan Kepala Desa Setempat, di akhiri dengan foto bersama dan makan siang. (PS/MIRWAN)

Setda Kaur Nandar Munadi SSos MSi  Saat Penanda Tanganan Kesepahaman Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. POSKOTA/MIRWAN
Komentar Anda

Terkini: