MTQ XV Tingkat Kabupaten Sergai Resmi Dibuka

/ Selasa, 26 Februari 2019 / 15.32.00 WIB
Suasana Pembukaan MTQ Ke - XV Tingkat Kabupaten Sergai. POSKOTA/PUTRA

POSKOTASUMATERA.COM - SERGAI - Musabaqoh Tilawatil Qur'an Ke XV (MTQ) ke - XV Tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Resmi dibuka, Selasa, 26/02 di Alun - alun Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan.

Acara diawali dengan Pawai Ta'aruf dari berbagai Kecamatan se - Sergai, Kegiatan tersebut dihadiri Wabup Sergai H Darma Wijaya, Unsur Forkopimda, Sekdakab Drs Hadi Winarno MM, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Hj drg Khairani Hadi Winarno, Kakan Kemenag dan Ketua MUI Sergai, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Ribuan para peserta Pawai Ta'aruf dari Kecamatan se - Sergai.

Wabup Sergai H Darma Wijaya dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa Kitab Suci Al - Quran adalah Kalam Allah SWT yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi umat manusia agar memperoleh kebahagiaan baik dunia maupun akhirat.

Selain berisi nilai2 keimanan, Al - Quran juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang diperuntukkan bagi umat manusia. Selain itu, Al - Quran juga berisi kisah -kisah sejarah dan pesan - pesan moral yang luhur dan agung. Untuk itu, salah satu upaya umat Islam dalam menjadikan Al - Quran berfungsi demikian adalah dengan melaksanakan MTQ.

Kegiatan MTQ bertujuan untuk menyiarkan agama Islam namun secara pribadi banyak yang menjadikan MTQ sebagai ajang motivasi, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al - Quran.

Dengan mengusung Tema "Melalui MTQ XV Kabupaten Sergai, Kita jadikan Al - Quran sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan bermasyarakat yang religius dan berkelanjutan.

Melalui kegiatan ini, diajak seluruh pihak untuk memberikan perhatian serius terhadap pengembangan dan pemasyarakatan Al - Quran dalam kehidupan sehari - hari, terutama dengan meningkatkan fungsi dan peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) baik ditingkat Kecamatan maupun Kabupaten.

Waktu yang sama, Ketua Panitia MTQ  Drs Hadi Wirnano MM dalam laporannya menyampaikan, Maksud dan tujuan MTQ XV adalah meningkatkan kemampuan seni membaca Al - Quran, sekaligus memberikan motivasi pada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al - Quran dalam kehidupan sehari - hari.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa - Sabtu tanggal 26 Februari hingga 2 Maret 2019. Kegiatan diikuti oleh 708 Peserta dari 17 Kecamatan. 

Adapun cabang - cabang yg diperlombakan sebagai berikut adalah : Cabang Tilawatil Quran sebanyak 131 Peserta, Cabang Qiraat Al - Quran sebanyak 92 Peserta, Cabang Hifzil Qur'an sebanyak 144 Peserta, Cabang, Tafsir Al - Quran sebanyak 45 Peserta
Cabang Fahmil Qur'an sebanyak 93 Peserta, Carang Syarhil Qur'an sebanyak 78 Peserta, Cabang Khattil Qur'an sebanyak 101 Peserta, Cabang Makalah Qur'an sebanyak 24 Peserta.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Sergai Riadi SPd drngan menyatakan, Kegiatan MTQ ini merupakan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al - Quran dalam kehidupan sehari - hari terutama generasi muda didalam menghadapi era globalisasi dan digital ini. 

Sehingga, tambahnya, budaya Islami tidak akan mudah tergerus oleh arus modernisasi. 

Usai membuka acara MTQ XV kabupaten Sergai tahun 2019 Wabup H Darma Wijaya beserta rombongan meninjau Stand Pameran dan Live Talk Show di Studio Mini Radio Sergai FM yang berada di Stand Dinas Kominfo Sergai. (PS/PUTRA)
Komentar Anda

Terkini: