Pelepasan Se Ekor Lumba - Lumba Dipanton Tanjungbalai - Asahan, Ini Penjelasan BBKSDA

/ Jumat, 01 Februari 2019 / 15.46.00 WIB
Petugas Pengendali Ekosistem Hutan BBKSDASU Dede Tanjung Saat Conferensi Pers. POSKOTA/SAUFI

POSKOTASUMATERA.COM - TANJUNGBALAI - Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, akhirnya berhasil mengevakuasi se Ekor Lumba - Lumba berjenis Kelamin Jantan yang terdampar di Sungai Kualuh Labuhanbatu, Kamis (31/1/2019) Malam Evakuasi Pelepasan tersebut dilaksanakan di Perairan Panton Tanjungbalai - Asahan.

Pantauan POSKOTASUMATERA.COM saat akan evakuasi, terlihat Petugas berupaya dan sangat berhati - hati khususnya saat akan Evakuasi melepaskan Hewan yang dilindungi tersebut yakni jenis Lumba - Lumba Jantan agar bisa hidup bebas dan kembali ke habitatnya semula.

Evakuasi Penyelamatan dan Pelepasan se Ekor Lumba - Lumba Jantan itu menjadi tontonan ramai, dimana warga sekitar berdatangan untuk melihat proses Evakuasi Pelepasannya di Perairan Panton Tanjungbalai - Asahan.

Dibenarkan Tim dari BBKSDASU - KLHK, BPSPL - KKP, JAAN, Dolphin Project Saat Rilis Konference Pers bersama sejumlah Wartawan usai Pelepasan Dede Tanjung selaku  Pengendali Ekosistem Hutan BBKSDASU menerangkan, bahwa Lumba -  Lumba itu berjenis Kelamin Jantan dan dinyatakan dalam keaadaan sehat, walaupun ada ditemukan luka - luka dibagian badannya.

"Sebelum dilepaskan, Lumba - Lumba itu diperiksa kesehatannya kembali serta diberi vitamin Anti Biotik dari Dokter Hewan untuk dilepaskan kembali ke habitatnya", imbuh Dede Tanjung.

Sedangkan satu diantaranya Lebih - Lumba berjenis Betina ditemukan tewas, diduga tidak bisa beradaptasi terhadap air sungai yang tawar.

"Kedua ekor Lumba - Lumba yang sempat viral itu diduga kemungkinan akibat dikejar predator atau untuk mencari tempat berenang apalagi lagi dalam kondisi sakit atau kemungkinan mencari tempat kawin dan sejenisnya", sebutnya. 

Sebelumnya, sempat Viral di Media Sosial Facebook, Intagram, Twitter Penampakan dua ekor Lumba - Lumba Putih di Sungai Kualuh, Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (27/1/2019).


Munculnya dua Ekor Hewan berjenis Mamalia tersebut, sontak menggegerkan masyarakat di dekat Sungai Kualuh.

Tak jarang warga yang melintas maupun yang bermukim di kawasan tersebut mengabadikan momen langkah tersebut, melalui Kamera Ponselnya masing - masing untuk di unggah di Akun Medsosnya masing - masing.

Hal tersebut diduga, karena Dua Ekor Hewan Mamalia tersebut tidak pernah muncul atau pertama kalinya terjadi di kawasan Labuhanbatu Utara. Kemunculan Hewan Langka dan dilindungi tersebut terlihat oleh warga pada siang hari.

Beredarnya kabar Lumba - Lumba Jenis Putih China tersebut membuat Lokasi Penemuan pertama kali ditemukan menjadi ramai.

Ciri - ciri Ikan Lumba - Lumba yang memiliki Warna Tubuh Biru dan Putih ini, memiliki benjolan di Kepala, serta moncong yang percis seperti Lumba - Lumba.

Kedua Ekor Ikan langka itu terus meliuk - liuk dari Hulu ke Hilir. Warga yang menyaksikan atraksi Kedua Hewan Lumba - Lumba Air Tawar ini pun, bersorak sorai layaknya, seperti sedang menyaksikan Atraksi Sirkus.

Dalam beberapa Video yang ditonton Kedua Ekor jenis mamalia tersebut seperti hendak menunjukkan kebolehannya dalam beratraksi di Sungai Kualuh.

Semakin banyak masyarakat yang ramai bersorak menyaksikan aksi Lumba - Lumba itu, Ikan itu pun semakin lincah meliuk - liuk menampakan dirinya.(PS/SAUFI)

Komentar Anda

Terkini: