Polres Belawan Bekerjasama Dinas Sosial Membantu Pendistribusian dan Pengawasan PKH

/ Jumat, 08 Februari 2019 / 09.12.00 WIB


POSKOTASUMATERA. COM-BELAWAN-Polres Belawan menggelar kegiatan Rapat Kordinasi PAM dan distribusi Bansos di Wilayah Hukum Polres Pelabuhan Belawan, Kamis ( 07/02/2019) sekira pukul 10.07 Wib.

Acara tersebut di hadiri Kepala Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan.SH.MH  melalui Kabag Ops Kompol H. Eriinal  SH. MH didampingi oleh Kasat Binmas AKP H Justar Purba SH, Kasat Sabhara AKP Eryanto Ginting. S.sos, Kasat Intelkam AKP Sutarjo BI Manullang, Kasubag Humas Ipda Khairi Amri, Kanit Intelkam H. Butar-butar, Kapolsek Medan Belawan Kompol Saparuddin Tama Siregar SH, Kapolsek Hamparan Perak Kompol Azuar SH. MH, Waka Polsek Medan labuhan AKP Ponijo, PJU dan turut hadir Forkopincam Camat Medan Belawan Ahmad SP, Sekcam Medan Deli Irfan, Sekcam Medan Marelan Suhariadi, Sekcam Medan Labuhan, Lurah se Kecamatan Medan Utara, para Pekerja sosial PKH dan Pedamping PKH  dan hadir Sekretaris Dinas Sosial Deli Serdang  Remus, Kordinator PKH Kota Medan Dedi Irwandi Pardede.

Kegiatan tersebut di awali pembukaan oleh protokol Aiptu Jamaluddin kemudian laporan yang dibawakan oleh Kasubag Humas Ipda Khairi Amri  di lanjutkan dan pembacaan Doa kemudian  di lanjutkan dengan lagu indonesia raya yang di pandu oleh Brigadir Agustina.

Dalam sambutannya Kabag Ops Kompol H. Erinal SH. MH mengatakan, dalam pendistribusian Dana Hibah Bansos atau PKH , semua pihak harus kerja sama dan penyaluran Dana Hibah Bansos tersebut bertujuan untuk melakukan pengawasan penyaluran dana hibah kepada masyarakat melalui bantuan Dana Hibah Bansos yang bersumber dari APBN.

Kemudian, lanjutnya, akan disalurkan di seluruh wilayah Hukum Polres Pelabuhan Belawan agar tepat sasaran, efektif dan efisien hingga jangan sampai ada penyimpangan dan peran Kamtibmas agar tetap mengawasi dan  memantau agar jangan terjadi penyelewengan.

“Di sinilah perlu perhatian Polri dalam hal ini bertugas pengamanan, mengawali dan mendampingi proses penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan dan  mengajak para agen BRI Link agar berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas,” katanya.

Dijabarkannya, setiap kelurahan memiliki satu Bhabinkamtibmas oleh karena itu Agen BRI Link di masing-masing wilayah bisa langsung berkoordinasi. “Misalnya kelurahan A, maka agen bisa berkoordinasi dengan Lurahnya, sehingga disampaikan ke Bhabinkamtibmas agar selalu mendampingi agen dan pendamping PKH ketika ada penyaluran di lapangan,” tegas Kabag Ops.

Selanjutnya Kordinator PKH Kota Medan Dedi Irwandi Pardede dalam arahan mengatakan Bantuan sosial Program Keluargga Harapan ( PKH )  harus memiliki 3 komponen antara lain, validasi awal peserta harus kredibel, Penerima PKH 2019 ada 4 prioritas dan komponen Pendidikan terdiri dari SD, SMP dan SMA dan disabiltas atau Lansia.

Pada saat verifikasi sama sama memastikan data tidak layak lagi menerima bantuan mari sama-sama Kita awasi, Babimkatibmas di kelurahan berkolaborasi melakukan hal hal yang persuasif keriteria kemiskinan ada sebanyak 129.000 data dalam kategori miskin di sumatera utara dan penerima PKH Kota Medan ada sebanyak 52.462. orang.

Sementara Sekretaris dinas sosial Deli Serdang Remus menjelaskan  Program Keluarga Harapan ( PKH ) yang paling miskin masyarakat yang berpenghasilan terendah yang layak menerima, Semua penerima PKH ada yang berpotensi masalah data yaitu, exclusion error dan inclusion error.

“Tidak melakukan pemutahiran data  Menganti atau merubah, ini merupakan salah satu langkah kongkrit sinergitas baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk bagaimana kita mendapat antisipasi dan menekan angka kemiskinan,” ujarnya. ( PS/RIADI)

Komentar Anda

Terkini: