Rawan Ambruk, Ruang Belajar SDN 030375 Dairi Dindingnya Retak-Retak

/ Minggu, 10 Februari 2019 / 22.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-DAIRI-Sangat memprihatinkan ruang belajar Sekolah SD Negeri  No.030375 Juma Teguh Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi,yang saat ini kelihatan sudah retak-retak,dan sangat rawan ambruk bila ada goyangan atau gempa.

Hal itu disampaikan salah satu guru boru Pandiangan yang kebetulan masih mengajar diruangan yang rusak atau reta-retak  kepada wartawan,Kamis (07/02/2019 ).

Ditambahkan lagi,sudah lama rusak ruang belajar ini,dan kerusakan itu pada waktu masa gempa beberapa tahun yang lalu,dan sangat rawan akan terjadi ambruk sekolah ini,apalagi datang gempa. 

"Kami hanya pasrah saja apa yang terjadi nantinya," sebut boru pandiangan itu kepada wartawan.

Disamping itu juga, Salah seorang guru di sekolah tersebut, Br.Manullang mengatakan, bahwa MCK di sekolah itu sudah cukup lama tidak pernah diperbaiki.

Dia juga mengaku, sekolah itu kebetulan tidak memiliki akses terhadap air bersih, toilet atau fasilitas cuci tangan yang akan dapat membahayakan anak-anak terhadap penyakit mematikan.

Dijelaskannya, sanitasi yang buruk akan  ancam kesehatan  anak-anak selama musim sekolah hingga beberapa murid harus melewatkan sekolah karena sakit. 

"Anak - anak tidak dapat belajar dengan baik dan nyaman tanpa toilet yang layak dan mengalami dehidrasi," katanya.

Sebagaimana diketahui, pihak sekolah tersebut sudah berkali - kali mengajukan perbaikan / rehab gedung dan MCK ke Dinas Pendidikan.

Selain itu juga kondisi gedung di sekolah tetsebut sudah banyak yang rusak / plafon sudah pada bolong.

"Semoga Dinas Pendidikan perduli dan memberi perhatian ke sekolah ini, agar proses belajar - mengajar bisa terlaksana dengan baik ", demikian harapan para guru di sekolah itu.

Sedangkan pantauan wartawan di sekolah belajar SD Negeri  No.034807 yang berdekatan yang Kepala Sekolahnya bermarga Togatorop fasilitas sekolahnya serba cukup,misalnya mempunyai pagar,MCK baru saja mendapat pembangunan baru,mempunyai pos jaga,walaupun satpamnya tidak ada,serta fasilitas lainnya.

Sedangkan SD Negeri  No.030375 walaupun di pinggir jalan,tidak mempunyai pagar,atau fasilitas lainnya. Guru-guru ataupun para murid-muridnya merasa iri melihat SD Negeri No.034807 karena kebetulan saling berdekatan. (PS/KT)
Komentar Anda

Terkini: