Guru PAUD Gugus Duku Aceh Singkil Studi Banding ke TK Negeri Pembina Sidikalang

/ Senin, 18 Maret 2019 / 20.01.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM,SIDIKALANG-Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Duku pecahan dari Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil NAD ,studi banding ke Taman Kanak-kanak Negeri (TK) Pembina ,Jalan Olahraga, Sidikalang Kabupaten Dairi, Senin (18/03/2019).

Menurut Kasmona br.Berutu,S.Pd selaku Kepala TK Generasi Bangsa Terpadu kepada poskotasumatera com menjelaskan, kehadiran kami ke TK Negeri  Pembina Sidikalang menyambut dengan baik.

"Karena jauh sebelumnya saya dengan Kepala Sekolah TK Pembina tersebut sudah melakukan komunikasi melali HP selular,membicarakan untuk datang ke Sidikalang," ungkapnya.

Ditambahkan lagi, studi banding yang dilakukan ini tidak ada yang membiayai dari pemerintah termasuk dari Dinas pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, tetapi biaya ditanggung masing-masing oleh peserta yang berangkat ke Sidikalang.

"Ada prinsip bagi kami, bahwa pendidikan ini adalah sangat penting dan harus ditingkatkan dari hari-hari sebelumnya,tentu bila guru-guru kami melihat perbedaan didaerah lain secara positip atau lebih maju,tentu itulah yang kami terapkan nantinya disekolah kami di Aceh Singkil sana," katanya.

Kalau yang lain, lanjutnya, studi banding, kemungkinan dibiayai atau disediakan fasilitas dari pemerintah atau dari instansi terkait. "Kalau kami tidak ada yang membiayai, selain biaya masing-masing, baik itu penginapan,sewa mobil,bahkan biaya makan minumpun terpaksa bayar masing-masing," jelasnya. 

Dijelaskannya, demi meningkatkan mutu atau kualitas guru di PAUD/TK yang dibina tersebut, pengelola terpaksa rela merogoh kocek dari kantong pribadi," ujar Kasmona.

Adapun yang berangkat atau studibanding ke TK Negeri Pembina Sidikalang itu, Kasmona Br.Berutu.S.Pd,Kepala Sekolah PAUD Generasi Bangsa Terpadu, Daun Berita Berutu,S.Pd  guru PAUD Generasi Bangsa Terpadu, Rosdida Berutu guru PAUD Generasi Bangsa Terpadu.

Dari PAUD Lae Urat ada 3 orang yaitu, Wahni Tety Helmani Berutu,S.Pd selaku Kepala Sekolah dan guru biasa yaitu Elen Septani Berutu dan Nur Saida berutu, Ama.Guru PAUD Bina Marsada yang ikut studi banding ada 3 orang yaitu : Sadariati Solin,S.Pd, Hermawati Berutu,S.Pd dan Efrida Manik.Amd.

Sedangkan PAUD Tunas Bangsa Pandan Sari adalah Nuryani,S.Pd.dan Nuasyah,S.Pd. Sementara guru atau Kepala Sekolah yang sudah masuk daftar berangkat sesuai dengan surat tugas yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Rosima Tumangger guru sekolah PAUD Sada Arih dan Toti Endang Sinamo. 

Kepala Sekolah PAUD Tunas Bangsa 
Pandan Sari,Summa Wardaya Musi,S.Pd. dan Wirda guru Sekolah PAUD Sekata.

"Harapan kami,kiranya Pemkab Aceh Singkil dapat memperhatikan mutu sekolah kami melalui studi banding yang kami laikan secara swadaya, partisipasi guru-guru yang ada disekolah tersebut,apalagi mohon perhatian serius dari Dinas Pendidikan,"urainya.(PS/KT)


Komentar Anda

Terkini: