JOB dan TBH Diskusi Antisipasi Berita Hoaks di Cafe Pojok Menteng

/ Sabtu, 02 Maret 2019 / 18.36.00 WIB

POSKOTASUMATERA. COM-MEDAN-
Grup Turn Back Hoax (TBH) dan Jurnalis Online Bersatu (JOB) berdiskusi membahas berbagai informasi berkembang di Sumut.

Thema  yang diusung Deklarasi anti hoax menyongsong Pemilu 2019 adalah "Bijak Gunakan Media Sosial dan Stop sebarkan berita bohong".

Selain dihadiri berbagai insan Pers juga turut dihadiri pemerhati media, tokoh masyarakat dan tokoh agama dengan suasana tampak membaur dan saling berbagi pengalaman.

Tokoh Agama, Aidan Nazir Panggabean dalam sambutannya  mengatakan, bangsa dan negara ini sangat dikenal dengan sopan santun, tapi hari ini  sudah mulai terkikis akibat berkembang pesat informasi yang belum tentu kebenarannya untuk itu marilah menghindari berita hoaks.

"Jurnalis pasti mampu menimalisir berita hoaks, saya berharap marila saling merekatkan diri antar sesama anak bangsa, selamatkan  bangsa dan  negara ini  dari berita hoaks,"ujar Aidan Nazwir Panggabean.

Lain halnya yang disampaikan Willmar Napitupulu mewakili Jurnalis Online Bersatu (JOB) mengatakan, Jurnalis yang ada di Medan Utara khususnya sangatlah bersinergisitas kepada Instansi Kepolisian.

"Kapolres Belawan sangat dekat sama awak Media, sudah tidak ada jarak lagi antara kami awak media dengan Beliau. Kami sangat terbantu mendapatkan informasi untuk konsumsi Publik, baik tingkat kapolsek maupun Kapolres, kami bangga punya Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH," kata Willmar.

Drs Awaludin Sibarani sebagai Tokoh masyarakat  menyampaikan pesan mengantipasi terjadinya berita miring atau hoax demi menghindari perpecahan sesama anak bangsa.

"Marilah menjaga rambu-rambu dan etika, jadilah Jurnalis yang mampu menyajikan berita yang positif dan membangun sebagai media pemersatu bangsa, "ungkap Awaludin Sibarani.

Sementara Penerangan Masyarakat (Penmas) Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mewakili Kabid Humas Polda Sumatera Utara mengatakan, Polri Promoter mampu cegah komplik sosial. "Polda Sumut tidak pernah membatasi kewenangan jurnalistik untuk mencari berita karena humas sudah menerapkan kriteria informasi publik," katanya.

Dia berharap sinergitas antara Polri dengan wartawan tetap terjalin harmonis. "Kita pertahankan, untuk itu marilah kita saling mendukung demi terlaksana situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pemilu 2019,"ujar MP Nainggolan

Menurut MP Nainggolan menjelaskan kendala untuk menyampaikan informasi yang belum layak dikonsumsi publik karena masih tahap penyelidikan.

"Ada beberapa informasi tahap lidik yang belum bisa disampaikan,maka berita yang bisa kami sampaikan adalah berita yang sudah tahap sidik untuk menghindari pencemaran nama baik seseorang.maka untuk kita tetaplah sinergitas, " ungkap MP Nainggolan.

Turut hadir  dewan pendiri Ikatan Wartawan Online (IWO) yang sekaligus menjabat Ketua Dewan Etik Roy Simamora, Ketua Jurnalis Online Bersatu (JOB) Riadi, Kabag Humas Polrestabes Medan Kompol Subroto, Kabag Humas Polres Pelabuhan Belawan Ipda Amri.

Selanjutnya acara berakhir ditandai dengan  foto bersama. (PS/RIADI)



Komentar Anda

Terkini: