Ketua JAM Sumut: Umat Islam Patuh Pada Fatwa Munas Alim Ulama Dukung Jokowi-Amin

/ Kamis, 21 Maret 2019 / 05.54.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Ketua Jaringan Amar Ma’ruf (JAM) Sumatera Utara  Muhammad Ikhyar Velayati Harahap menghimbau umat islam untuk mengikut dan mematuhi Ijtihad Politik dan fatwa Alim Ulama dalam Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama Di Jakarta untuk mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin.  Hal itu disampaikan Ikhyar kepada wartawan, Selasa (19/3/2019) di Medan.

“Ulama adalah rujukan bagi umat Islam, tempat belajar dan bertanya tentang kehidupan dunia dan juga akhirat, khususnya persoalan agama. Sebagai pewaris para Nabi, para alim ulama yang berkumpul dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama di pastikan tidak tergesa gesa dalam mengeluarkan fatwa, mereka selalu mengikuti para sahabat, tabiin, salafus shalih, dan mengindari bid'ah. Ini sifat ulama waratsatul anbiya,” katanya.

Dijelaskan Ikhyar, mengacu pada keutamaan para Ulama tersebut, maka sudah sepatutnya umat Islam mengikut dan mematuhi fatwa Ulama untuk memilih dan memenangkan pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. Selain itu, para ustad, dai juga memiliki tanggung jawab moral untuk mensosialisasikan hasil ijtihad Ulama tersebut kepada semua umat Islam yang ada di Indonesia, himbau Ikhyar.

Ikhyar juga menegaskan bahwa Fatwa tersebut merupakan hasil Ijtihad Ulama yang mengacu pada hukum agama yang berdasarkan Al- Qur’an dan Hadis yang berwenang untuk di ikuti oleh umat.

“Keputusan Musyawarah Nasional Alim Ulama tersebut merupakan ijtihad bersama para alim ulama yang punya kompotensi keilmuan dan keislaman serta jejak rekam moral yang islami, yang keputusannya berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits.  Hasil dari ijma’ adalah fatwa, yaitu keputusan bersama para ulama dan ahli agama yang berwenang untuk diikuti seluruh umat,” tegas Ikhyar yang juga di kenal sebagai Ketua PKNU Sumut.

Ikhyar yakin Fatwa Alim Ulama tersebut akan merubah peta politik secara signifikan.
“Dengan adanya Fatwa Alim Ulama tentang pedoman dalam memilih capres pada pemilu 2019, maka peta politik akan berubah signifikan. Saya yakin umat Islam akan patuh serta menjadikan fatwa tersebut sebagai pedoman dalam memilih pemimpin pada tanggal 17 April 2019 nantinya. Fatwa Alim  Ulama tersebut juga akan mampu menepis isu hoax dan fitnah yang menimpa pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin yang bersileweran di media sosial,” ujar Ikhyar di akhir pembicaraan. (PS/HASAN)

Komentar Anda

Terkini: