Mahasiswa Universitas Malikussaleh Studi di Kelas Internasional Unsyiah

/ Kamis, 07 Maret 2019 / 00.14.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-BANDA ACEH – Sedikitnya  35 mahasiswa ‘Preinternational Class’ Program Studi (Prodi) Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh (Unimal), melakukan studi di International Business and Economics Program (IBEP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsyiah, 4-5 Maret 2019 di kampus itu.

Wakil Dekan I FEB Unsyiah, Dr Abd Jamal SE MSi mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan mahasiswa Unimal yang ingin merasakan sensasi belajar di kelas IBEP.

“Sebagai universitas yang baru menerapkan kelas preinternasional, Unimal dapat belajar tentang pengalaman IBEP Unsyiah dalam menjalankan kelas internasional selama ini. Kita bisa saling berbagi pengalaman di sini,” ujar dia, Senin (4/3/2019).

Jamal menjelaskan bahwa program pertukaran mahasiswa program internasional FEB Unsyiah sudah berjalan lebih dari lima tahun.

Setiap tahun, para alumni IBEP juga berbagi pengalamannya kepada adik-adik mahasiswa lewat acara ‘meet and greet’ yang menjadi rutinitas program itu.
“Kami berharap para alumnus program ini punya kompetensi bagus, kecakapan, termasuk kemampuan berbahasa Inggris, sehingga mampu menginspirasi mahasiswa lainnya dan bersaing di kancah internasional,” harapnya.  

Hal senada disampaikan Koordinator IBEP Unsyiah, Talbani Farlian SE MA, yang berharap kegiatan itu dapat memberikan wawasan internasional kepada mahasiswa Unimal yang saat ini belum sepenuhnya menerapkan program internasional.

“Kita lebih awal dalam mendirikan program internasional ini. Semoga Unimal dapat menimba pengalaman lewat kegiatan visiting study and join class ini,” kata dia.  

Hingga saat ini, lanjut Talbani, FEB Unsyiahmemiliki tiga prodi internasional yaitu International Accounting Program (IAP), International Management Program (IMP) , dan International Economics and Development Program (IEDP).

“Alhamdulillah animo mahasiswa untuk masuk international class sangat besar dan terus meningkat setiap tahunnya. Namun seleksi masuk program ini ketat dan daya tampung mahasiswa terbatas,” jelas dia.

Talbani menambahkan, para mahasiswa itu akan masuk ke kelas-kelas internasional dan mempelajari materi seputar manajemen portofolio, bisnis marketing, research, serta subjek lainnya berdasarkan dosen pengampunya.

“Mereka juga akan belajar bahasa Inggris, terutama TOEFL. Program ‘meet and greet’ juga akan menarik, sebab mahasiswa Unimal akan sharing pengalaman dengan mahasiswa Unsyiah,” ujarnya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Unimal, Iswadi SE MSi Ak, didampingi Koordinator Program Internasional Unimal, Dr Darmawati SE MM mengatakan, ‘visiting study’ merupakan kesempatan baik bagi mahasiswa Unimal untuk melihat proses pembelajaran di kelas internasional FEB Unsyiah.

“Melalui visiting study ini, kami berharap bisa mendapatkan berbagai pengetahuan dan perbaikan dari segi pembelajaran, konten, dan kemampuan interaksi mahasiswa dalam bahasa Inggris,” demikian Iswadi.(PS/ALAN)

Komentar Anda

Terkini: