Panwascam Tano Tombangan Angkola Gelar Pelantikan Dan Pembekalan 48 PTPS

/ Rabu, 27 Maret 2019 / 22.53.00 WIB
Ketua Panwascam Kecamatan Tano Tombangan Angkola Tatar Dongoran Memberikan Arahan Pada Acara Pelantikan Pengawas TPS di Aula Desa Simaninggir, Senin (25/3). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (PTPS) Tano Tombangan Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) gelar Pelantikan dan Pembekalan kepada PTPS yang dinyatakan lulus pada Rekruitmen PTPS beberapa hari lalu.

PTPS yang dilantik tersebut sebanyak 48 orang  Se - Kecamatan Tano Tombangan Angkola, bertempat di Aula Desa Simaninggir, Senin (25/3/2019). Dan hadir dalam acara Pelantikan PTPS aparat Pemerintah Setempat, Tokoh Masyarakat & juga Team dari Bawaslu Kabupaten Tapsel.

Materi Perdana yang diterima oleh peserta PTPS yakni Tugas, Wewenang dan Kewajiban Sebagai PTPS oleh Ketua Panwascam Tano Tombangan Angkola Tatar Dongoran beserta Anggota.

Tatar sapaan akrab Ketua Panwascam Tano Tombangan Angkola ini menjelaskan, bahwa Tugas PTPS Pemilu 2019 yakni melakukan Pengawasan langsung proses Pemungutan Suara, hingga Rekapitulasi hasil suara di tingkat TPS. Seoerti yang diatur dalam Pasal 114 Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Dalam Pasal itu, PTPS mengawasi Persiapan Pemungutan Suara, Pelaksanaan Pemungutan Suara, Persiapan Penghitungan Suara, Pelaksanaan Penghitungan Suara dan Pergerakan Hasil Penghitungan Suara dari TPS ke Kecamatan, kata Tatar.

Selain itu, Kata Putra Kecamatan Tano Tombangan ini, pada Pasal 115 menjelaskan, bahwa PTPS berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan dan/atau penyimpangan Administrasi Lemungutan dan Penghitungan Suara, menerima salinan Berita Acara dan Sertifikat Lemungutan dan Penghitungan Suara, serta melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang - undangan.

“Sedangkan, dalam Pasal 116 PTPS berkewajiban untuk menyampaikan Laporan Hasil Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/ Desa dan menyampaikan Laporan Hasil Pengawasan kepada Panwaslu, Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa,” pungkasnya.

Ketua Panwascam Tano Tombangan Angkola didampingi Anggota  Panwascam berharap, agar Pemilu berjalan aman dan lancar. (PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: