Pelipatan Kertas Surat Suara Dimulai di Labura, Jumlah Kebutuhan Kurang 2 Persen

/ Rabu, 06 Maret 2019 / 23.53.00 WIB




POSKOTASUMATERA.COM-LABURA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) telah memulai melaksanakan pelipatan surat suara yang dilaksanakan di gudang KPU jalan Utama Wonosari Kelurahan Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu pada Selasa (5/3/19).

Ketua KPU Heriamsyah Simanjuntak, Kadis Kominfo Drs. Sugeng, Kesbangpol Labura, Kapolsek Kualuh Hulu, Danramil, Panwaslu, dan perwakilan tiap partai poltik, tampak terlihat memantau kegiatan pelipatan surat suara tersebut.

Selanjutnta Ketua KPUD, Heriamsyah Simanjuntak S. HI menjelaskan kepada awak media ini, bahwa surat suara yang telah diterima oleh pihaknya masih hanya surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR-RI.

"Sedangkan surat suara untuk Presiden dan DPD-RI hingga saat ini belum ada diterima oleh KPUD Labura," jelas mantan Aktivis ini.

Heriamsyah juga mengatakan, KPUD Labura telah menerima surat suara untuk DPR RI sebanyak 244.344 Lembar, setelah disortir 243.839 Lembar, surat suara untuk DPRD Provinsi sebanyak 244.344 Lembar, setelah disortir 243.839 Lembar, surat suara DPRD Kabupaten untuk Dapil 1 47.931 Lembar, setelah disortir 47.833, Lembar, Dapil 2 48.245 Lembar, setelah disortir 48.150 Lembar, Dapil III 48.068 Lembar, setelah disortir  47.963 Lembar, Dapil IV 60.811 Lembar, setelah disortir 60.085 Lembar, Dapil V 44.289Lembar, selah disortir 44.210 Lembar.

“Maka kertas surat suara yang datang mengalami kekurangan dari jumlah kertas surat suara yang dibutuhkan 2 %. Kertas surat suara DPR RI kurang 505, Kertas surat suara DPRD Provinsi kuraang 505, Untuk kertas surat suara DPRD Kabupaten diseluruh Dapil total kekurangan 1.103,” terangnya.

Terkait Honor untuk para pelipat surat suara saat dipertanyakan para awak media, Ketua KPUD Labura mengatakan, terkait honor memang tidak diatur dalam peraturan Juknis. Namun pihaknya memberikan Rp 100/Lembar (Seratus rupiah per lembar).

Dan mengenai kertas suara yang rusak Heriamsyah mengatakan, aturan klasifikasi yang diatur dalam juknis mengenai surat suara yg rusak atau bolong, suara suara  tidak merata atau ada bercak. “Akan kita asingkan dan membuat berita acaranya disaksikab Bawaslu, Polri dan Pihak - pihak yang terkait,” terangnya.

Sebelum pelipatan surat suara, Ketua KPU Heriamsyah Simanjuntak mengatakan kesuksesan pemilu tidak lepas dari peran para pelipat suara, karena hal ini merupakan salah satu proses yang sangat penting pada pemilu.

“Pelipat surat suara adalah pelaku sejarah dalam perjalanan sejarah pemilu yang ada saat ini. Laksanakan lipat suara sesuai dengan SOP, dan laporkan kepada panitia bila ada yang rusak atau warna kurang cerah,” ujar Heriamsyah.

Sebelumnya Kapolsek Kualuh Hulu AKP Asmon Bufira menghimbau kepada masyarakat yang tidak berkepentingan jangan telampau bebas masuk ke wilayah atau tempat gudang KPU ini yang nantinya di jaga oleh pihak polisi dari polsek Kualuh Hulu.

“Diharapkan nantinya saat pelaksanaan pelipatan surat suara, tidak ada lagi masyarakat yang berlalu lalang di sekitaran tempat pelipatan surat suara, demi keamanan dan ketertiban personil polsek kualuh hulu siap bersiaga,” ucap Kapolsek.

Selanjutnya, dilaksanakan juga cek sample surat suara yang akan di lipat oleh ketua KPU dan DIivisi teknis KPU, disaksikan Kapolsek Kualuh Hulu, Bawaslu, dan partai politik.

Jumlah para pelipat suara kurang lebih 250 Orang, dan ditargetkan Hari Sabtu, 9 Maret 2019 telah kelar kertas surat suara  dilipat. Tutup Ketua KPUD Labura ini. (PS/BJS)

Komentar Anda

Terkini: