Terpilih Menjadi Desa Terunggul Di Gunungsitoli, Sonitehe Zega Bakal Dirikan BUMDes Pada TA 2019

/ Minggu, 17 Maret 2019 / 05.32.00 WIB
Kades Tetehosi Afia Sonitehe Zega SPd. POSKOTA/TIAN

POSKOTASUMATERA.COM - GUNUNGSITOLI - Pemerintah Kota (Pemko) Gunungsitoli mengusung Program Desa terunggul di awal tahun 2019 ini. Dari 98 Desa, terpilih 2 Desa yang masuk Kategori Desa Unggul, yakni Desa Binaka Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan Desa Tetehosi Afia Kecamatan Gunungsitoli Utara yang diumumkan oleh Pemko Gunungsitoli Tanggal 25 Februari 2019.

Penetapan ini berdasarkan survey yang digelar Pemko Gunungsitoli, ditinjau dari berbagai aspek. Diantaranya: Destinasi Wisata, Pertanian, Perdagangan, termasuk Pelayanan Publik.

Kepala Desa Tetehosi Afia Sonitehe Zega SPd kepada awak media mengatakan, terpilihnya Desa Tetehosi Afia sebagai Desa terunggul, lebih dilihat dari aspek Pertanian. Selain memproduksi Karet, Jagung dan Semangka, Desanya juga merupakan Penghasil Beras tertinggi di Kota Gunungsitoli. Dimana, luas sawah di wilayahnya mencapai 36 Ha. Dan berdasarkan survey pada Tahun 2017 - 2018 hasil Pertanian di sektor persawahan mengalami peningkatan signifikan. 

Lebih lanjut, Sonitehe mengungkapkan, dengab terpilihnya Desanya sebagai Desa Terunggul, pihaknha bakal mendirikan BUMDes untuk memastikan ketersediaan Pupuk dan alat - alat Pertanian bagi Petani. Pemerintah Desa bersama BPD sepakat, Dana Desa Tahun 2019 disasarankan untuk pengembangan BUMDes.

"Pemerintah Desa dan BPD sepakat untuk memberdayakan Kelompok Tani yang berjumlah 25 kelompok yang ada di Desa Kita. Melalui BUMDes, Kita berharap ketersediaan Pupuk dan keperluan para Petani lainnya dapat terpenuhi", ungkap Kepala Desa yang baru terpilih ini. (PS/TIAN)
Komentar Anda

Terkini: