Dihadapan Ribuan Mahasiswa: Akhirnya Plt. Gubernur Aceh Resmi Tolak Izin PT. EMM

/ Kamis, 11 April 2019 / 17.46.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM | BANDA ACEH -Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah akhirnya menandatangani surat pernyataan menolak Izin perusahaan tambang PT Emas Mineral Murni (EMM) di Aceh, Kamis (11/4/2019). 

Nova meneken surat pernyataan itu setelah ribuan mahasiswa dari berbagai kampus menggelar aksi di Kantor Gubernur Aceh hingga berakhir rusuh pada hari pertama demo.

Nova hadir di antara mahasiswa didampingi Kapolda Irjen Pol Rio S Djambak, Kasdam Brigjen TNI Ahmad Daniel, Kajati Aceh Irdam SH, dan Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Rianto serta Dandim 0101 BS Kol Inf Hasandi Lubis.

Berikut surat pernyataan yang disusun oleh Korps Barisan Pemuda Aceh (BPA) dan diteken oleh Plt Gubernur Aceh dan Koordinator Korps BPA.

SURAT PERNYATAAN
Nomor: 164/A/KOPRSBPA/IV/2019
TENTANG HIMBAUAN TOLAK TAMBANG (PT EMM)
Dalam rangka menindaklanjuti himbauan Aliansi lembaga dan ormas yang tergabung dalam Korps Barisan Pemuda Aceh (BPA), dan turur memperhatikan:
Suara Rakyat Aceh terhadap penolakan tambang di Beutong, Nagan Raya dan PEgasing Aceh Tengah
Telah melanggarnya kekhusu
Dampak akibat keberadaan PT EMM yaitu meningkatnya bencana ekologis yang ditimbulkan dari aktifitas pertambangan, mengancam sumber-sumber kehidupan masyarakat akibat menurunnya kualitas air, serta mengancam kekayaan keanekaragaman hayati yang berada di wilayah usaha pertambangan.
Tuntutan terhadap kementerian ESDM untuk mencabut izin PT EEM yang tak kunjung diindahkan
Maka untuk menjaga marwah Aceh kami meminta Plt Gubernur Aceh siap menandatangani pernyataan di bawah ini sebagai berikut:

1. Saya Plt Gubernur Aceh siap melakukan gugatan melalui pemerintah Aceh sebagai bentuk mempertahankan kekhususan Aceh dan membela rakyat Aceh.

2. Saya Plt Gubernur Aceh siap menerbitkan rekomendasi pencabutan izin PT Emas Mineral Murni (PT EMM).

3. Mengutuk tindakan pemerintah pusat yang tidak menghormati kekhususan Aceh yang dihasilkan dari butir-butor perdamaian antara Aceh dan Indonesia

4. Plt Gubernur Aceh siap membuka dan mengecam dalang di balik berdirinyaPT EMM di Bumi Aceh.
Demikian pernyataan ini dengan penuh kesadaran dan juga merupakan kehendak masyarakat Aceh, Apabila pernyataan ini saya khianati saya siap untuk turun dari jabatan saya.

Mengetahui: Koordinator Korps BPA Mutawali Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, M.T (PS/DA)

Komentar Anda

Terkini: