DR SL Simbolon Ajak Mahasiswa Turut Serta Awasi Pemilu 2019

/ Rabu, 03 April 2019 / 21.50.00 WIB
Ketua Bawaslu Kabupaten Tapsrl DR SL Simbolon MAg Saat Membuka Acara Sosialisasi Pemilu Bagi Mahasiswa Di Aula Lantai Tiga Hotel Sitamiang,  Selasa (2/4/2019). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) DR SL Simbolon MAg  mengajak mahasiswa asal Kabupaten Tapsel untuk turut serta mengawasi Pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

Demikian disampaikan SL Simbolon saat membuka Acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu bagi Mahasiswa di Aula Lantai Tiga Hotel Sitamang, Selasa (2/4/2019).

SL Simbolon menjelaskan, ajakan kepada mahasiswa untuk turut serta mengawasi Pemilu merupakan bentuk Pengawasan Partisipatif sesuai Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 448 ayat 1 dan 2.

"Pengawasan partisipatif tersebut  yakni, Bersama Rakyat Awasi Pemilu dan Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu", ujarnya.

Adapun yang diundang hadir dalam acara tersebut diantaranya adalah Universitas Muhammadiyah Tapsel, IAIN Padangsidimpuan, Institut Pendidikan Tapsrl (IPTS), Universitas Graha Nusantara dan berbagai Perguruan Tinggi lainnya.

SL Simbolon juga menjelaskan,  Pengawasan Partisipatif sesuai ayat 1 dapat dilakukan dalam empat kegiatan, meliputi Sosialisasi Pemilu, Pendidikan Politik bagi Pemilih, Survei dan Jajak Pendapat tentang Pemilu dan Penghitungan cepat hasil Pemilu.

Selain itu, tambahnya, Pengawasan Partisipatif sesuai ayat 2, meliputi tidak melakukan keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan peserta Pemilu, tidak menggangu proses Penyelenggaraan Tahapan Pemilu, meningkatkan Partisipasi Politik masyarakat secara luas dan mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi Penyelenggaraan Pemilu yang aman, damai, tertib dan lancar.

"Jadi apengawasan Partisipatif merupakan aktivitas untuk memastikan proses tahapan - tahapan Pemilu dengan cara mengumpulkan data, informasi serta menginventarisasi temuan kasus terkait pelaksanaan Pemilu yang dilakukan oleh kelompok masyarakat atau organisasi yang independen dan non partisipan", kata SL Simbolon.

Ia juga menjelaskan, bahwa Pengawasan partisipatif diharapkan nantinya dapat menyukseskan Pemilu yang jujur, adil, bersih dan transparan.

Oleh karenanya, Beliau mengajak Mahasiswa untuk turut serta mengawasi Pemilu yang tinggal dua minggu lagi.

"Sehingga, Pemilu dapat menghasilkan Pemimpin yang dapat diterima semua pihak, baik peserta Pemilu maupun masyarakat. Jadi mereka (Mahasiswa) dapat mengawasi apabila ada temuan Pelanggaran", katanya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Tapsel DR SL Simbolon MAg, Julianto Lubis ST MT, Kordinaor Sekretariat Salman Paris Harahap SPd SD, unsur Kepolisian IPDA Mulyadi dan Kejaksaaan Negeri Padangsidimpuan, seeta undangan lainnya. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: