Kontrak Menggantung, Mirisnya Nasib Puluhan Honorer Dinas Perindustrian Medan

/ Kamis, 11 April 2019 / 21.27.00 WIB
RAJIN: Pegawai honor Dinas Perindustrian Medan yang dikenal amat loyal melaksanakan tugas ekstra selain tugas rutin mereka. POSKOTA/RED


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Lebaran makin dekat, anak istri butuh makan, kebutuhan ekonomi meningkat. Ehh malah nasib belum berpihak. Pasalnya perpanjangan kontrak kerja belum jelas.

Demikian sekelumit keluhan jiwa puluhan pegawai honor di Dinas Perindustrian Medan disambangi wartawan, Kamis (11/4/2019) di Medan.

Perwakilan pegawai honor di SKPD naungan Pemko Medan ini mengaku, Surat Keputusan perpanjangan kontrak kerja mereka hingga kini belum diterima ditambah lagi isu santer atas pengurangan puluhan pegawai honor di Dinas pimpinan Zulkifli Sitepu ini amat mengkhawatirkan mereka.

"Sampai saat ini kontrak kerja kami belum diperpanjang, hingga udah beberapa bulan kami belum menerima gaji," ujar sumber yang namanya enggan ditulis.

Belum jelasnya nasib kelanjutan kerja mereka, lanjut sumber, telah dipertanyakan kepada Kepala Dinas yang mengaku, sudah membicarakan kelanjutam kerja para pegawai honor ke Walikota Medan dan Sekda Medan yang selanjutnya menunggu keputusan dari Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Medan.

"Saat kami tanya ke Kepala Dinas, dijelaskan status hubungan kerja kami telah disampaikan ke Pak Wali dan Pak Sekda dan pimpinan Kota Medan itu telah memerintahkan Kepala BKD untuk meninjaunya," ujar pria ini.

Dia mengaku, Rabu 10 April 2019 puluhan pegawai honor beraudensi ke Kepala BKD Medan Muslim Harahap, namun hanya diarahkan untuk bertemu Pak Sekda karena nasib pegawai honor tergantung Sekda Medan.

"Kami meminta penjelasan dari Kepala BKD Medan, malah diarahkan menghadap Pak Sekda. Padahal kan Pak Wali dan Pak Sekda udah memerintahkan BKD Medan untuk memfasilitasi penyelesaian masalahnya," terang pegawai honor yang sudah tahunan bekerja ini.

Sebagai pegawai honor yang bekerja di lingkungan Pemko Medan, sumber mengaku, kecewa atas perlakukan pada mereka karena di SKPD lain tak mengalami ketidakjelasan hubungan kerja seperti mereka.

Mewakili puluhan honorer berjanji akan memperjuangkan nasib mereka dengan menemui akan Walikota Medan dan meminta difasilitasi Ombudsman RI Cabang Sumut.

Kepala Dinas Perindustrian Medan Zulkifli Sitepu dihubungi via Ponselnya, Kamis (11/4/2019) mengaku tak mengetahui adanya pegawai honor di dinas nya menemui Kepala BKD Medan.

Dia mengaku, perpanjangan kontrak kerja pegawai honor itu masih menunggu pertimbangan ajuannya ke Walikota melalui Kepala BKD Medan.

"Saya telah menyurati Walikota Medan melalui Kepala BKD Medan guna mendapatkan kepastian jumlah pegawai honor di dinas ini," ujarnya.

Informasi yang diperoleh, awalnya Pemko Medan akan mengefesiensikan anggaran dengan mengurangi jumlah pegawai honor hingga ribuan orang, namun berjalannya waktu wacana tersebut menguap.

Sumber yang layak dipercaya menyebutkan, pegawai honor di SKPD di Kota Medan sebenarnya anggarannya telah ditampung dalam APBD Kota Medam Tahun 2019 hingga diharapkan kejelasan hubungan kerja pegawai honor harus dijelaskan secara rinci oleh pemimpin Kota Medan. (PS/RED)



Komentar Anda

Terkini: