Panwascam Muara Batangtoru Gelar Bimtek Bagi PTPS

/ Sabtu, 13 April 2019 / 09.41.00 WIB
Usai acara Bimtek Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru Foto Bersama Dengan Pengawas TPS di Aula Kantor Camat Muara Batangtoru, Jum'at (12/4). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Jelang Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Muara Batangtoru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se - Kecamatan Muara Batangtoru untuk kedua kalinya di Aula Kantor Camat Kecamatan Muara Batangtoru, Jum'at (12/04/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri 49  Pengawas TPS se - Kecamatan Muara Batangtoru yang telah direkrut melalui berbagai Tahap Seleksi dan Lolos Tes Wawancara.

Ketua Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru Ali Asman Pardosi  menerangkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas PTPS.

"Harapannya mereka paham tentang tugas wewenang serta hak dan kewajibannya ketika berada di TPS hingga cara menangani sebuah pelanggaran yang terjadi di TPS", kata Pardosi.

Ditambahkan Ali Asman Pardosi, nantinya ketika menjalankan tugas PTPS diberikan alat kerja saat  penghitungan suara. 

"Selain itu diberikan Buku Panduan PTPS untuk lebih memahami dalam tata kerja Pengawasan mereka di lapangan", kata Ali Asman Pardosi dari Divisi Organisasi dan SDM Panwaslu Muara Batangtoru.

Melalui Pelatihan tersebut diharapkan PTPS dapat bekerja dengan baik dan cermat. Tentunya berpijak kepada ketentuan peraturan perundang - undangan, amanah jujur dan adil. Sesuai amanat Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, ada lima tugas pokok yang akan dijalankan Pengawas TPS pada hari Pemungutan Suara 17 April 2019.

Sementara, Komisioner Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru Asman  mengatakan, tugas PTPS untuk mengawasi persiapan Pemungutan Suara, mengawasi pelaksanaan Pemungutan Suara dan mengawasi Persiapan Penghitungan Suara. Selanjutnya mengawasi Pelaksanaan Penghitungan Suara dan mengawasi Pergerakan Hasil Penghitungan Suara dari TPS ke TPS.

"Tiap TPS akan diawasi satu Pengawas TPS. Untuk itu seluruh Pengawas TPS mendapatkan materi pembekalan agar mereka benar - benar paham terhadap tugas dan kewajiban yang akan dilakukan pada hari H Lemungutan Suara nanti", jelasnya.

Ketiga Komisioner Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru hadir dalam acara Bimtek Ali Asman Pardosi, Asman dan Edi Saputra Pardosi. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: