Sosok Bupati Asahan Alm Taufan Gama di Mata Bupati Labura dan Kapolres Asahan

/ Selasa, 23 April 2019 / 22.22.00 WIB
Isak Tangis Istri Bupati Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama. POSKOTA/SAUFI

POSKOTASUMATERA.COM - TANJUNGBALAI - Jelas terasa, bahwa Asahan turut berduka saat ini atas meninggalnya, Bupati Asahan Drs Taufan Gama Simatupang, setelah sekian lama melawan penyakit yang menggerogoti kesehatannya.

Usai di Shalatkan di Masjid Agung Ahmad Bakrie Kota Kisaran, Jenazah Orang Nomor Satu di Asahan tersebut dibawa ke Kota Medan untuk dimakamkan ke Peristirahatan terakhir. Dimana, Almarhum akan di makamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Thamrin Medan, Selasa (23/4/2019). 

Kepada POSKOTASUMATERA.COM, Bupati Labuhan Batu Utara (Labura),H. Kharuddin Syah SE atau yang akrab disapa dengan sebutan H Buyung mewakili masyarakat Labura menuturkan kesedihannya dan rasa turut berduka cita yang sedalam - dalamnya.

"Innalillahi Wainna Illahi Roji'un. Telah meninggalnya berpulangnya ke Rahmatullah Senior Kami, Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP," sebut H Buyung.

Menurutnya, Alm Drs H Taufan Gama Simatupang MAP adalah sosok yang luar biasa, bahwa Alm meniti kariernya dari bawah sampai bisa menjadi Bupati Dua Periode, itu luar biasa.

Dikatakan H Buyung lagi, Bupati Asahan (Alm Taufan Gama - red) ini juga diketahui banyak menggagas pemikiran buat pertumbuhan Kabupaten Asahan nya yang tidak dilakukan oleh Kabupaten/Kota lain di Sumatera Utara.

"Jadi, hari ini kita lihat bersama bahwa di depan rumah Dinas Beliau ada sebuah Masjid Agung Besar Masjid Ahmad Bakrie terletak di inti Jalan lintas Kota Kisaran, Sumatera Utara telah berdiri kokoh dibangun. Untuk Sumatera, ini bisa menjadi perhatian yang cukup luar biasa bagi masyarakat Daerah di Provinsi Sumatera Utara", ucapnya.

Situasi Ruma Duka Saat Pemberangkatan Jenazah Alm Taufan Gama Simatupang. POSKOTA/SAUFI

Sementara itu, Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu bersama Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh juga mengungkapkan rasa turut berdukanya.

"Kami merasa kehilangan sosok Seorang Bapak, Seorang abang, seorang Senior, seorang Teman yang selama ini Kami anggap di Kabupaten Asahan", ungkapnya.

Informasi dihimpun, bahwa Alm Drs H Taufan Gama Simatupang selama hidupnya sangat berwibawa dan suka tersenyum. Dimana Alm dilahirkankan di Kota Medan pada 28 Agustus 1963 lalu dan dikenal dengan sebutan Buya Taufan GS.

Beliau adalah Bupati Asahan 2 Periode di Kabupaten Asahan, yakni pada Periode 2010 – 2015 dan 2016 – 2021. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Asahan Periode 2005 - 2010. Juga pernah menjabat sebagai Bupati sementara di Asahan menggantikan Bupati sebelumnya Risuddin Tahun 2005.

Profil :
Orangtua : 
Ayah : (Alm) H Abdul Manan Simatupang
Ibu : (Almh) Hj Fatimah Harahap
Istri : Hj Winda Fitrika

Anak-anak :
1. Sesvianda Fatma Yuliandari S
2. Namira Rahma S
3. Nurfatimah Aprilianda S
4. Siti Aisyah S
5. Imam Akbar Abdulmanan S

Riwayat Pendidikan : Pada Tahun 1975 SD Negeri Tanjung Balai, Tahun 1979 SMP Yaspendar II Medan, Tahun 1982 SMA Harapan Medan, pada Tahun 1988 S1 Sospol UDA Medan dan Tahun 2004 S2 Magister Administrasi Publik UMA Medan.

Diketahui, Kariernya cukup diakui di Kabupaten Asahan, dari Wakil Bupati Asahan Tahun 2005 - 2010, hingga Plt Bupati Asahan Tahun 2006 - 2007. Dan menjadi Bupati Asahan Tahun 2010 sampai sekarang. Beliau menghembuskan Napas Terakhirnya di Rumah Sakit Columbia Medan.(PS/SAUFI).

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Thamrin Medan. POSKOTA/SAUFI
Komentar Anda

Terkini: