Tingkatkan Kualitas Saksi, Panwaslu Kecamatan Angkola Barat Gelar Pelatihan

/ Rabu, 10 April 2019 / 21.03.00 WIB
Ketua Panwaslu Kecamatan Angkola Barat Sarbeni Harahap Saat Memberikan Lemaparan Dihadapan Saksi PPP Di Aula Kantor Camat Angkola Barat, Rabu (10/4/2019). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilu yang berkualitas, Panwaslu Kecamatan Angkola Barat  Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), laksanakan Pelatihan Saksi Partai Politik yang dilaksanakan 4 Sesi sehari selama 3 hari kedepan mulai Rabu - Jum'at (10 - 12 April 2019) di Aula Kantor Camat Angkola Barat, Rabu (10/4/2019).

Ketua Panwaslu Kecamatan Angkola Barat Sarbeni Harahap mengatakan, Pelatihan Saksi yang dilakukan pihaknya ini merupakan salah satu amanat UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Dalam UU ditulis untuk Pelatihan Saksi dari peserta Pemilu, itu dilakukan oleh Bawaslu dan hari ini Rabu (10/4/2019) sampai Hari Jum'at (12/4/2019) Kami melaksanakan amanat itu", ujar Sarbeni.

Sarbeni Harahap juga mengatakan, sejauh ini sampai Pukuk 15.00 WIB sudah ada 2 Parpol yang dilatih Bawaslu Kabupaten Tapsel melalui Panwaslu Kecamatan Angkola Barat.

“Ke 2 Partai Politik yang sudah  dilaksanakan Pelatihan sampai Jam 15.00 WIB yaitu Partai PPP dan PAN", katanya.

Sarbeni juga mengatakan, dengan Pelatihan Saksi yang dilakukan ini, diharapkan dapat meningkatkan Kualitas Saksi, sehingga Saksi dapat memberikan Pengawasan secara maksimal, sehingga akhirnya Kualitas Pemilu lebih baik.

“Kalau Saksinya kritis, Pelaksanaan Pemilu Saya yakin bisa berjalan sesuai aturan yang ada, sehingga dapat meminimalisir Pelanggaran", tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Komisioner Panwaslu Kecamatan Angkola Barat Ramlan Siregar mengatakan, Para Saksi Parpol juga diberikan Buku Saku Bawaslu yang berisi aturan - aturan selama di TPS. Para Saksi Parpol juga diwajibkan membawa Surat Mandat dari Ketua Parpol bersangkutan. (PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: