Jaga Kesuburan Tanaman Padi, Babinsa Koramil 08/Mandrehe Dampingi Penyiangan

/ Senin, 06 Mei 2019 / 20.32.00 WIB
Pihak Babinsa Koramil 08/Mandrehe Saat Mendampingi Petani Melakukan Penyiangan Padi. POSKOTA/ARIF 

POSKOTASUMATERA.COM - NIAS BARAT - Upaya Khusus Pendampingan kepada para Petani terus digalakkan demi suksesnya Program Swasembada Pangan, khususnya di wilayah Kabupaten Nias Barat. 

Seperti yang dilakukan oleh Sertu Atoni Laia, Serda Y Waruwu, Serda N Butar - Butar yang merupakan Anggota Babinsa Koramil 08/Mandrehe dampingi Petani Menyiangi Padi di lahan milik Anggota Kelompok Tani Sinarikhi Desa Simaeasi Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat, Senin (06/05/2019).

Serda Y Waruwu menyampaikan, Penyiangan Padi adalah Pembersihan Rumput Liar atau Gulma yang biasa tumbuh berdampingan dengan Tanaman Padi. Perawatan Tanaman Padi seperti ini harus rutin dilakukan agar Lahan Dawah bersih dari Rumput Liar yang mengganggu perkembangan Tanaman Padi yang akan berdampak pada saat masa Panen kelak.

"Sebagai Babinsa yang merupakan ujung tombak terdepan, Kami selalu bekerja dengan tulus dan bersinergi dengan pihak PPL untuk terus aktif mendampingi Petani langsung maupun tidak langsung untuk memaksimalkan target yang harus dicapai yaitu : Peningkatan Hasil Produksi Pertanian", ungkapnya.

Di tambahkannya lagi, di musim seperti sekarang ini, Gulma akan tumbuh subur, sehingga menghambat pertumbuhan Tanaman Padi, sehingga jadwal Pembersihan Gulma harus terprogram dengan baik secara berkesinambungan agar tumbuhan pengganggu tersebut mati.

"Tujuan dari Penyiangan Padi yaitu agar Gulma mati dan membusuk yang akhirnya dapat menjadi pupuk. Selain itu, untuk mengurangi penyerapan persaingan unsur Hara, persaingan Penetrasi Sinar Matahari dan juga untuk membersihkan tanaman yang mati", jelasnya.

Danramil 08/Mandrehe Kapten Inf Agustinus Saragih berpesan, agar Babinsa selalu aktif dalam pendampingan, agar para Petani bisa mencapai hasil yang maksimal, sehingga target Ketahanan Pangan di Kabuoaten Nias Barat, khususnya di Kecamatan Mandrehe dapat sukses diwujudkan. (PS/ARIF)

Komentar Anda

Terkini: