Lapangan Samura Krisi Air, Bupati Karo Akan Benahi

/ Selasa, 07 Mei 2019 / 22.43.00 WIB
Bupati Karo Terkelin Brahmana SH Saat Meninjau Lokasi Lapangan Bola Samura. POSKOTA/BUDIMAN

POSKOTASUMATERA.COM - KARO - Fasilitas Lapangan Bola Samura saat ini banyak diminati masyarakat dalam  beraktifitas olah raga, sarana ini dimanfaatkan masyarakat untuk membuang rasa jenuh bekerja rutinitas sepanjang hari yang cukup melelahkan pikiran dan jasmani.

Akan tetapi, Pantauan Awak Media, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan dan krberadaannya menjadi sia - sia. Pasalnya bukan kenyamanan yang didapatkan masyarakat saat melakukan Joging, Lari, bermain Sepak Bola, stau untuk mencari keringat demi kesehatan tubuh.

Hal itu terucap dari salah satu warga yang setiap sore hari berada di Lapangan Samura yang gemar berolah raga Elsa Br Ginting (44) warga Kabanjahe saat dikonfirmasi Awak Media sedang berolah raga di Lapangan Samura. Mrnuritnya, hal ini dikarrnakan Kamar Mandi yang dikelola Dispora ini airnya tidsk ada lagi.

Mirisnya lagi, jelas Elsa, Kamar Mandi yang ada di Lapangan Samura tersebut ada 6 pintu, tapi semuanya tidak ada air, padahal Bak Penampungan Air Sumur Bor jelas terlihat diatas bangunan Kamar Mandi.

"Kami warga ingin mau sehat, tapi melihat Kamar Mandi saja sudah kumuh dan baunya sangat menyengat sekali, mau pingsan Saya, seolah - olah Dinas terkait tidak peduli. Padahal, Lapangan ini sering dipakai Pemkab Karo ubtuk melaksanakan Upacara Kenegaraan. Mungkin tidak peduli karena Bapak Kepala Dispora bersama anggotanya tidak pernah berolah raga di Lapangan Samura ini, atau pura - pura tidak tahu", sebutnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH  saat melakukan peninjau Lapangan Bola Samura, Selasa (7/5/2019) sangat terkejut, mengetahui krisis air drngan kondisi Kamar Mandi yabg menyedihkan. Terlihat oleh Bupati, dimana - mana semua Kamar Mandi jorok, Air Sumur Bor mati (tidak berfungsi), air dalam Bak Kosong, Lantai Kamar Mandi Jorok, Kumuh ditambah Botol Aqua dan Plastik berserakan dekat Lubang WC.

Menyikapi ini, saat itu juga, Bupati Karo melalui stafnya langsubg mengontak Dispora Kabupaten Karo agar datang ke Lapangan Samura dan menyuruh Dua Mobil Dinas Damkar untuk melakukan Penyemprotan Air Pembersihan, sekaligus mengisi air ke dalam Bak Penampungan Kamar Mandi, sambil kedepannya nanti, Dispora akan memperbaiki fungsi Kamar Mandi yang sebenarnya.

Hal ini diarahkannya, agar warga yang sedang berolah raga dan beraktifitas lainnya di Lapangan Samurs tidak menggerutu dan kecewa. 

Bagaimana saat Kencing dan BAB, jika air tidak ada ?", ucap Bupati.

Menanggapi keluhan salah satu warga yang  berceloteh saat sedang berolah raga, Terkelin mengatakan, bahwa itu sangat wajar ya, kenyataannya demikian, fakta sebenarnya, ini Dinas teknis harus benahi kembali.

"Barusan Kita instruksikan kepada Kepala Dispora Robert Perangin - Angin melalui Sekretarisnya Pimpin Bangun, agar segera merapatkannya, untuk kamar mandi dibobol setengah dari kondisi sekarang ini, agar lebih  terang, udara tidak lembab, seperti Kamar Mandi di Bandara, kemudian buatkan Kamar Mandi Perempuan dan Laki - Laki, jangan bersatu seperti sekarang ini", ujar Terkelin.

Selain itu, tambahnya, buatkan tempat Ganti Pakaian dan Kaca, ini kedepan atensi Dispora dalam pembenahan perbaikan untuk itu segera tindaklanjuti.

Tentang ini, Sekretaris Dispora Kabupaten Karo Pimpin Bangun membenarkan, bahwa Sumur Bor selama ini yang ada di Lapangan Samura kondisinya rusak, sehingga belum dapat difungsikan.

"Iya, tadi sudah disampikan Pak Bupati terkait poin ke depan untuk perbaikan Kamar Mandi, ini semua akan Saya sampaikan kepada Pak Kadis Pora, karena beliau kebetulan ada tugas luar, Saya yang mewakili saat dipanggil Bupati", ucapnya singkat.
Sementara itu, Kasi Damkar Kabupaten Karo Teguh Purba mengatakan, dirinya selalu siap mengisi air ke Bak Kamar Mandi, jika sudah kosong, untuk menjaga keluhan masyarakat yang menggunakan sarana Lapangan Bola Samura Kabanjahe.

"Sesuai petunjuk Pak Bupati tadi, kedepan jika Kita dikontak, maka Kami akan segera lakukan Pengisian Air, sambil menunggu Sumur Bor diperbaiki oleh Dispora", ujar Purba mengakhiri. (PS/BUDIMAN)
Komentar Anda

Terkini: