Nora, Buronan Kejari Dairi Ditangkap di Medan

/ Kamis, 09 Mei 2019 / 16.22.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SIDIKALANG-Kasi Pidsus Kejari Dairi Akhbar Pramadhana Harahap,SH, Rabu (08/05/2019) mengatakan, melakukan penangkapan Nora Butar-butar selaku buronan Kejaksaan Dairi hampir empat bulan dilakukan pengintaian di Kota Medan.

"Ketika saya baru bertugas sebagai Kasi Pidsus Kejari Dairi tanggal 5/10/2018 sekitar bulan Nopember 2018 lalu, saya telusuri lagi berkas-berkas sitersangka Nora Butar-Butar tentang pengadaan  kapal pesiar yang fiktif itu," ujarnya.

Dia mengaku, sekitar pertengahan bulan Desember 2018 lalu, rutin ke Medan untuk menelusuri dimana keberadaan Nora, bahkan kami menginap di hotel. 

Begitu juga pada bulan Pebruari 2019 itu,tetap kesana untuk mengkerucutkan tempat persembunyannya yang sudah mulai ada informasi dari masyarakat,untuk memastikan dimana sebenarnaya keberadaan Nora.

"Syukurlah, Nora Butar butar berhasil ditemukan dan diamankan dari persembunyiannya, pada saat itu saya  bersama Jaksa marga Gajah menemukan beliau dan kita amankan tadi dini hari dari wilayah Perumahan di rumah kontrakan di Perumahan Katamso Square di Jalan Brigjen Zein Hamid di Medan, Selasa (07/05/2019) sekira pukul 01.00 WIB dinihari," katanya.

Tertangkapnya buronan Kajari Dairi itu secara tidak sengaja. Pihaknya bersama Jaksa lainnya tengah konsultasi berkaitan dengan kasus percetakan sawah di Kajatisu. 

Saat akan kembali mendapat infromasi kalau ada wanita seperti ciri ciri yang sudah disebar Kajari Dairi disuatu tempat. 

“Sebelumnya kita telah pasang jaringan dan buatkan informan berkaitan dengan buronan itu. Sesuai dengan kita dapat informasi dari masyarakat dini hari itu,sudah  jelas kita mendapatkan ciri cirinya dan alamatnya," ujarnya.

Dia mengaku, teman jaksa lain langsung  menuju rumah persembunyiannya. Sebelumnya kita minta tolong kepada aparat keamanan polsek dan sekuriti perumahan. 

"Selanjutnya kita minta tolong kepada Kepala Lingkungan dan benar saja saat kita  ke rumahnya dan langsung saya sapa Apa kabar Ibu Nora, beliau menjawab baik pak,lalu kita  sampaikan surat penahanannya dan kita bawa ke Dairi urai Pramadhana," terangnya.
   
Ditambahkan, Nora saat ditangkap dini hari tidak mengenakan Hijab seperti ciri ciri foto yang disebar terakhir buronan 10 tahun itu telah menggunakan hijab. “Beliau saat ditangkap tidak menggunakan hijab mungkin karena dini hari," paparnya.

Setelah dibawa ke Dairi, Nora kini ditahan di rutan Rimbo Bunga Sidikalang  sebagai titipan kejaksaan Dairi. Dan masa sisa penahanannya tetap melakukan penyedikan supaya dilimpahkan perkaranya ke persidangan.

Dan kelihatan dalam gambar sedang memberikan keterangan kepada wartawan diruang kerjanya. (PS/K.TUMANGGER)
Komentar Anda

Terkini: