BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai Sosialisasikan Aplikasi INSIDEN Dan Prosedurnya

/ Jumat, 28 Juni 2019 / 22.53.00 WIB
Verifikator BPJS Kesehatan Kabupaten Batubara Memberikan Pengarahan Mengenai INSIDEN Kepada etugas Di Rumah Sakit Provider BPJS Kesehatan. POSKOTA/SAUFI

POSKOTASUMATERA.COM - TANJUNGBALAI - BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai laksanakan Sosialisasi Aplikasi Integrated System For Traffic Accidents (INSIDEN) kepada seluruh Rumah Sakit Provider di wilayah kerja Kantor Cabang Tanjungbalai.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memberikan Pelayanan Publik terbaik kepada Peserta JKN - KIS yang mengalami kecelakaan lalulintas.

Kegiatan tersebut dilakukan di 18 Rumah Sakit Provider BPJS Kesehatan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai. Adapun peserta yang hadir dalam Sosialisasi terdiri dari Petugas Pemberian Informasi Dan Penanganan Pengaduan (PIPP) Rumah Sakit, Petugas Administrasi atau Pendaftaran, Petugas Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Bagian atau Bidang Pelayanan baik Direktur, Wakil Direktur, Kepala Bidang maupun Staf yang mewakili.

Desi Ariyani Nasution, salah seorang Peserta Sosialisasi yang merupakan Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai mengapresiasi kegiatan Sosialisasi tersebut. 

“INSIDEN pada dasarnya sudah Kita laksanakan sejak Maret 2018 lalu. INSIDEN ini bagus dalam mempermudah proses penjaminan karena Korban atau Keluarganya tidak perlu lagi datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan atau Kantor Cabang Jasa Raharja untuk mengurus Administrasi Penjaminan. 

Menurutnya, Rumah Sakit tinggal mengirimkan informasi Korban kecelakaan lalulintas secara elektronik untuk dikunjungi oleh Petugas PT Jasa Raharja. Sosialisasi ini mengingatkan kembali untuk selalu taat prosedur dan sebisa mungkin menginformasikan tentang KKL ini kepada masyarakat.

Sementara Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai Dessy Prassinta mengungkapkan, bahwa Sosialisasi tersebut digencarkan dengan tujuan mengingatkan kembali dan mengecek pelaksanaan yang dijalankan guna meningkatkan Pelayanan.

“INSIDEN merupakan sinergi aplikasi antara BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja (Persero) yang dibangun secara Web Based, sehingga mudah diakses oleh FKRTL yang memiliki koneksi Jaringan Internet. Sosialisasi ini dilakukan untuk menyegarkan pemahaman para Peserta sekaligus Supervisi yang telah dilaksanakan. 

Adapun kendala - kendala apa yang dihadapi dan Solusi Alternatif yang dapat dijalankan terkait aplikasi. Hal ini juga dioptimalkan terkait Penilaian Lomba Inovasi Layanan Publik terbaik. 

Dessy juga berharap, untuk laporan kepolisian sebagai syarat penjaminan nantinya juga bisa secara online sebagai bentuk percepatan Birokrasi untuk menjamin para Korban kecelakaan lalulintas.

Selain Sosialisasi langsung ke Rumah Sakit, bentuk Sosialisasi tidak langsung dengan pemasangan banner tentang prosedur INSIDEN di setiap Rumah Sakit Provider se wilayah kerja Kantor Cabang Tanjungbalai. (PS/SAUFI).
Komentar Anda

Terkini: