Dua Tokoh Medan Marelan Dukung Konsilidasi dan Peningkatan SDM Kader LPM

/ Jumat, 21 Juni 2019 / 00.35.00 WIB

DUKUNG: Dua tokoh Medan Marelan Ahmad SP (paling kanan) dan Drs Muslim Harahap S.Sos MSP (dua dari kanan) mendukung kegiatan yang digagas DPC LPM Medan Marelan. POSKOTA/RIADI 

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Dua tokoh di Kecamatan Medan Marelan Drs Muslim Harahap S.Sos MSP dan Ahmad SP mendukung rencana pengurus DPC Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Medan Marelan menyelenggarakan konsilidasi dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para kader LPM di daerah itu.

Muslim Harahap yang juga Kepala BKD dan Pengembangan SDM Kota Medan ini, Rabu (19/6/2019) dalam rapat pembentukan Panitia Konsilidasi dan Peningkatan SDM kader LPM se Kecamatan Medan Marelan dan sekitarnya menyampaikan apresiasinya.

“Memang kita harus memahami fungsi dasar pengurus LPM yang dasarnya adalah gotong royong hingga menjadi peran yang sentral menjadi mitra pemerintah setempat yang diatur dalam Undang-undang,” jabarnya.

Dia mencontohkan, adanya lokasi yang tak tersentuh pembangunan yang pada dasarnya menjadi kesalahan pengurus LPM yang tak mengawal ajuan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) yang di gelar mulai tingkat lingkungan hingga diatasnya.

“Kita hanya bisa protes jika satu wilayah tak tersentuh pembangunan, namun kita juga harus mengawal ajuan dalam Musrembang yang berbasis online saat ini. Kalau kita komplain dalam hasil rencana pembangunan salah satu yang disalahkan adalah kita pengurus LPM,” tegasnya.

Dia juga menjabarkan, wacana pengucuran Dana Kelurahan yang mencapai Rp. 350 juta bersumber dari APBN dan dana pendamping dari APBD Kota Medan sebanyak 5 persen dari total APBD yang akan dikucurkan secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah.

“Dalam waktu dekat akan dikucurkan Dana Kelurahan  yang bersumber dari APBN dan dana pendamping dari APBD. Jangan anggap hal tersebut mudah. Namun harus diketahui penggunaannya agar tak tersangkut hukum,” terangnya.

Dia juga menyatakan, tersedia lembaga non pemerintah yang terdiri dari Alumni Sekolah Pemerintah yang siap melakukan pendampingan dan melakukan pelatihan jika dibutuhkan.

Sementara, Ahmad SP yang juga Camat Medan Belawan menerangkan fungsi kemitraan antara pimpinan pemerintah dengan LPM yang saling terikat dan diatur dalam UU, Kepmen dan Perda yang pada pokoknya menjadikan LPM sebagai lembaga yang wajib diayomi dan diberdayakan.

“Lembaga yang menjadi mitra pemerintah yang utama adalah LPM, Karang Taruna dan PKK serta Ormas dan OKP yang akan mendapat pembinaan sesuai aturan dan menjadi mitra strategis pemerintah,” jabarnya.

Sementara Ketua DPC LPM Medan Marelan H Zulkifli Sunara memaparkan rencana akan diselenggarakannya konsilidasi dan peningkatan SDM kader LPM yang akan diikuti oleh kader LPM di Medan Marelan dan beberapa kecamatan sekitarnya diantaranya Medan Belawan, Medan Labuhan dan Medan Deli.

Dijelaskannya, tujuan kegiatan menjalin silaturahmi dan penguatan lembaga serta meningkatkan pengetahuan pengurus dan kader LPM di daerah itu. “Tujuan kita silaturahmi, penguatan lembaga dan peningkatan ilmu guna diterapkan ke masyarakat dan menjadi mitra pemerintah dalam kemasyarakatan dan peningkatan kebersamaan dalam memacu pembangunan segala sektor,” ujarnya di acara yang dihadiri para pengurus dan kader LPM di kecamatan Medan Marelan dan kelurahan. (PS/RIADI)        

Komentar Anda

Terkini: