PT PLN Area Nias Terus Berupaya Mewujudkan Nias Terang

/ Jumat, 28 Juni 2019 / 23.29.00 WIB
Manajer PT PLN Area Nias Evan Sirait. POSKOTA/ARIF

POSKOTASUMATERA.COM - GUNUNGSITOLI - Demi terwujudnya Nias Terang, PT PLN Area Nias terus melakukan upaya - upaya semaksimal mungkin, salah satunya yaitu Program Listrik Desa.

Manajer PT PLN Area Nias Evan Sirait saat dikonfirmasi, Jumat (28/06/2019) menjelaskan, bahwa ada 80 Desa di Kepulauan Nias yang akan masuk dalam Lrogram Listrik Desa di Tahun 2019 ini. 

"Kalau tidak ada kendala, tahun ini Kita akan memasang jaringan dan mengaliri listrik di 80 Desa yang ada di Kepulauan Nias", kata Evan.

Di tambahkannya,  berdasarkan data Tahun 2018, masih ada sebanyak 140 Desa di seluruh Kepulauan Nias yang belum Teraliri Listrik Negara. Dan menanggapi hal tersebut PT PLN Area Nias menargetkan sebanyak 60 Desa akan di Aliri Jaringan Listrik, tetapi karna ada sedikit kendala yang di hadapi hanya 40 Desa yang sudah terrealisasi. 

"Kendala yang dialami PT PLN Area Nias, sehingga tidak bisa mencapai target pada Tahun 2018, karena ada sejumlah Desa yang masuk Program Listrik Desa tidak bisa dicapai dengan kendaraan roda empat untuk mengangkut Tiang dan Material", jelas Evan.

Di jelaskannya lagi, masih ada kendala lain yang di hadapi oleh pihak PLN, yaitu : warga yang tidak mengizinkan tanah miliknya didirikan Tiang Listrik dan tanaman di kebunnya ditebang.

Padahal, lanjut Evan, awalnya warga tersebut sudah membuat pernyataan dan mengizinkan tanahnya digunakan dan tanaman di kebunnya bisa ditebang, tetapi setelah material diangkut ke lokasi, mereka keberatan dan mencabut pernyataannya. 

Pihaknya juga berharap, kiranya  masyarakat mau mendukung dengan mengizinkan lahan dan tanamannya digunakan atau dibersihkan untuk kepentingan pemasangan Jaringan Listrik. (PS/ARIF)
Komentar Anda

Terkini: