Antisipasi Kebakaran Hutan, Babinsa Koramil 11 Batangangkola Laksanakan Komsos Karhutla

/ Minggu, 07 Juli 2019 / 22.26.00 WIB
Koptu Ak Daulay Saat Memberikan Arahan Kepada Warga Masyarakat Tentang Larangan Karhutla, Minggu (7/7/2019). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Anggota Babinsa Koramil 11 Batangangkola Koptu Ak Daulay laksanakan Sosialisasi Larangan Pembakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) jelang musim kemarau, di lanjutkan dengan Patroli Hutan kepada masyarakat Kelurahan Pintupadang Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Minggu (7/7/2019).
 
Kegiatan ini ditanggapi baik oleh masyarakat sehingga dapat mengerti dan memahami tentang larangan tersebut. Dan sangat diapresiasi, terlihat dari dilaksanakannya Komunikasi Sosial (Komsos) tentang Sosialisasi Karhutla oleh Personil TNI Babinsa Koramil 11 Batangangkola, banyak dihadiri oleh masyarakat.

Adapun dilaksanakannya Karhutla oleh Babinsa Koramil 11 Batangangkola ini, dengan dipandu oleh Koptu Ak Daulay, disamping bertujuam mempererat tali silaturahmi dan komunikasi dengan masyarakat, juga agar warga binaannya, khususnya di Kelurahan Pintu Padang Kecamatan Batangangkola Kabupaten Tapsel, dapat memahami fungsi Hutan dan Lahan bagi kehidupan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan Instruksi dari Komando Atas, dalam hal ini Dandim 0212/TS Letkol  Inf Akbar Novrizal Yusananto yang memerintahkan para Danramil jajaran untuk melaksanakan Komsos tentang Sosialisasi Pencegahan Karhutla kepada masyarakat di satuan wilayah kerja masing - masing.

Menindaklanjuti perintah tersebut,  Danramil 11 Batangangkola ( BA) juga telah memerintahkan kepada para Prajurit, yakni Aparat Babinsa untuk segera melaksanakan Komsos tentang Pencegahan Karhutla kepada warga masyarakat di wilayah Binaan masing -  masing.

Ia juga menjelaskan, bahwa dalam setiap pelaksanaan Komsos para Babinsa di jajaran Koramil 11 Batangangkola ikut serta memberikan himbauan kepada warga masyarakat, agar tidak melakukan Pembakaran Hutan dan Lahan.

"Tujuannya adalah untuk bersama -sama ikut peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya Kebakaran hutan dan Lahan di wilayah Kecamatan Batangangkola", jelasnya.

Danramil juga sangat bersyukur, hingga saat ini diwilayah Kecamatan Batangangkola belum ditemukan adanya titik api.

Kendati demikian, kepada seluruh lapisan masyarakat, Ia mengajak agar dapat mempertahan kondisi tersebut.

"Harapan Kita jangan sampai ada lagi yang melakukan Pembakaran Lahan", pintanya.

Dia juga segera memerintahakan Prajurit, dalam hal ini Babinsa untuk segera melaksanakan Komsos tentang pencegahan Karhutla kepada warga masyarakat di wilayah binaan masing -  masing. Agar masyarakat lebih dapat memahami Larang Karhutla dan sanksi hukumnya.

Tokoh Masyarakat Maraginda Hasibuan dalam kesempatan itu berharap, agar Babinsa senantiasa memberikan informasi yang positif, agar masyarakat tidak salah dalam Pembukaan Lahan dan Kebun, serta dapat menjadi mitra/sahabat masyarakat. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: