BPBD Sumut Bentuk 10 Pokja Atasi Banjir

/ Kamis, 25 Juli 2019 / 01.54.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Arjuna Sembiring menghadiri Rapat Penanggulangan Banjir di Aula Raja Inal Kantor Gubernur Sumut, Selasa (23/7). Rapat yang dipimpin Kepala BPBD Provsu Ariadil Lubis ini bertujuan untuk menentukan tugas bagi setiap kelompok kerja (Pokja) yang yang telah terbentuk.

Adapun pokja yang telah terbentuk tersebut yakni  Pokja Sosialisasi Masyarakat, Hukum dan Pengaduan Masyarakat, Pokja Pembebasan Lahan dan Relokasi, Pokja Perencanaan dan Penganggaran, Pokja Kebersihan Sungai dan Lingkungan serta  Pokja Pelaksanaan Teknis.

Kemudian  Pokja Riview dan Revitalisasi MMUDP Kanal Banjir dan Drainase Perkotaan dan Permukiman Medan dan sekitarnya, Pokja Pengendalian Monitoring dan Evaluasi, Pokja Deklarasi Mitigasi Banjir Medan dan sekitarnya, Pokja Keamanan dan Ketertiban, terakhir Pokja Humas dan Media Center.

Kepala BPBD Kota Medan mengatakan siap membantu dan memenuhi tanggungjawab yang di berikan kepada Pemko Medan khususnya pada bidang BPBD secara serius dan kompeten. Hal tersebut guna mewujudkan Kota Medan terbebas dari banjir.

"Kami siap mendukung serta berkolaborasi dengan semua pihak terkait dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan. Ini sebagai bentuk komitmen terhadap penanggulangan masalah banjir yang kerap melanda Kota Medan. Semoga upaya yang dilakukan ini memberi hasil dan dampak yang signifikan bagi Kota Medan ke depannya,’’ kata Arjuna.

Selanjutnya Arjuna berharap kerjasama seluruh unsur Forkopimda agar upaya dan langkah dalam penanganan banjir dapat berjalan lancar sesuai yang direncanakan. ‘’Kami optimis jika koordinasi dan sinergitas semua pihak terjalin baik maka rencana ini dapat terwujud dan terealisasi sehingga memberikan hasil yang maksimal,’’ ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala BPBD Provsu Ariadil Lubis menyampaikan bahwa ini merupakan rapat teknis yang pertama. Nantinya akan ada rapat lanjutan yang akan digelar dalam waktu dekat untuk lebih mematangkan konsep dan rencana kerja. Diharapkan, semua pihak dapat menjalankan tupoksinya secara bertanggung jawab dan senantiasa berkoordinasi guna menghindari kesalahpahaman dalam proses pelaksanaannya.

“Rapat hari ini menjadi awal bagi kita untuk menyatukan visi, misi dan persepsi dalam menanggulangi permasalahan banjir. Kami berharap soliditas dan sinergitas senantiasa terbangun agar langkah ini memberikan hasil yang signifikan bagi kita semua khususnya masyarakat,’’ harapnya.

Rapat yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB  juga turut dihadiri perwakilan dari Kodam I/BB, Polda Sumut, unsur Forkopimda Kabupaten Deli Serdang serta Balai Wilayah Sungai Sumatera II. Selama rapat, seluruh peserta tampak antusias melakukan dialog dalam membahas tupoksi pokja yang telah ditetapkan. (PS/  RYANT)



Komentar Anda

Terkini: