Bangunan Fisik SDN 010008 Pematang Seibaru Terkesan Sangat Memprihatinkan

/ Senin, 26 Agustus 2019 / 17.09.00 WIB
Kondisi Bangunan SDN 010008 Sei Baru Kecamatan Tanjungbalai Kabupaten Asahan Yang Memprihatinkan. POSKOTA/KHAIRUL

POSKOTASUMATERA.COM - ASAHAN - Untuk meningkatkan mutu Pendidikan, Pemerintah Pusat menggelontorkan Dana dalam angka yang sangat besar.

Baik untuk Pembangunan Fisik, Peningkatan Mutu Pendidikan maupun untuk keperluan Siswa itu sendiri, melalui Program Dana BOS.

Namun,sepertinya niat baik Pemerintah Pusat tersebut tidak diikuti oleh Pemerintah Kabupaten Asahan.

Realitanya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) No. 010008 yang berada di Desa Pematang Sei Baru Kecamatan Tanjungbalai Kabupaten Asahan.

Pantauan Awak Media saat mengunjungi langsung sekolah tersebut, Senin (26/8/2019) Pagi, terlihat sejumlah Ruangan Melas maupun Ruang Guru dan Perpustakaan mengalami rusak parah.


Asbes dan Jendela Kaca setiap Ruangan Kelas sudah pecah dan bolong, dikhawatirkan membahayakan bagi siswa saat mengikuti proses belajar mengajar.

Pada Awak Media , Kepala Sekolah SDN 010008 Nuraisah mengaku, bangunan rusak akibat sudah termakan usia. Namun, belum ada perhatian dari Pemerintah, begitu juga kondisi Mobiler dan Toiletnya.

"Sudah lama begini (Ruangan mengalami rusak - red). Usulan di Musrenbang Desa udah Kami usulkan bolak balik, tapi gak ada juga hasilnya. Melalui Dapodik (Data Pokok Pendidikan) ke Kementerian sudah 3 kali, tapi sampai sekarang belum ada hasil", aku Nuraisah.

Mirisnya, masih dari Nuraisah, Sekolah yang dipimpinnya itu sampai sekarang belum memiliki WC (Kamar Mandi - red).


"Kita sampai sekarang tidak punya WC. Setiap mau buang air kecil, Siswa ataupun Guru menumpang ke Mamar Mandi rumah Penjaga Sekolah yang juga pengajar di Sekolah Kami", ungkapnya.

Untuk itu, Nuraisah berharap keperdulian pihak Pemkab Asahan, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan bersedia mengatasi permasalahan yang mereka hadapi.

 "Kita berharap kepada Pemerintah, khususnya Pemkab Asahan, agar Sekolah ini diperhatikan dan diperbaiki agar lebih layak, sehingga anak - anak Kami yang Sekolah di sini merasa nyaman dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Dana BOS Kita ada, tapi tidak cukup untuk digunakan memperbaiki Bangunan Pak, karena Siswa Kita sedikit dan Kita juga punya 3 Guru Honor", ucap Nuraisah mengakhiri.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs Sofyan saat ditemui Wartawan, sekira Pukul 13.10 WIB, mengaku akan turun langsung ke SDN 010008 untuk mengecek informasi tersebut.

"Kami akan cek nanti. Terimakasih kepada rekan Jurnalis Asahan yang telah memberitakan dan menginfokan kepada Kami. Jujur saya prihatin mendengar hal itu. Nanti Mita minta Kepala Sekolah agar membuat laporan secara detail dan visual. Kita berharap semua Sekolah yang ada di Asahan ini hendaknya nyaman, asri dan memiliki tanaman yang hijau dan memiliki Pagar Pembatas,” aku Sofyan di sela - sela Kegiatan di Gedung Juang Asahan. (PS/KHAIRUL)

Komentar Anda

Terkini: