Bupati Konawe Utara Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Nelayan di Desa Laimeo

/ Jumat, 02 Agustus 2019 / 01.06.00 WIB

RESMIKAN: Bupati Konut Dr H Ruksamin resmikan pembangunan Rumah Nelayan bantuan APBN 2019 di Desa Laimeo Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara. POSKOTA/USMAN

POSKOTASUMATERA.COM-KONUT-Pembangunan rumah nelayan di Desa Laimeo Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara (Utara) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng) diresmikan oleh Bupati Konut Dr.H.Ruksamin dengan ditandai peletakan batu pertama, beberapa waktu lalu.

Dalam acara peletakan batu pertama pembangunan rumah nelayan tersebut dihadiri Wakil Bupati Konut, SNVT/PNP Provinsi Sulawesi Tenggara,  Dandim 1417 Kendari, Kapolsek Sawa, Danramil Lasolo, dan  beberapa kepala SKPD, Camat, Kades dan warga calon penerima manfaat sebanyak 30 kepala  keluarga.

"Program ini salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat. Pada tahun 2018 yang lalu, daerah kita mendapat jatah dari pusat 271 unit dan tahun 2019 kita mendapat lagi 100  unit rumah,” kata Bupati Konut Ruksamin.

Ditambahkannya, 1 unit bangunan rumah untuk salah satu atlet dayung yang telah meraih medali emas pada kegiatan Sea Games di Jakarta dan saat ini rumah nelayan  30 unit dari usulan sebanyak 50 unit bersumber dari APBN.

“Selain untuk masyarakat, juga untuk atlet peraih emas di Cabang Dayung. Dari usulan 50 rumah, terealisasi 30 rumah,“ kata Ruksamin didampingi Wabup Konut H Rauf SAg.

Menurut Ruksamin, kekurangan jumlah tersebut, akan tetap diupayakan supaya ada susulan sejumlah 20 unit termasuk 8 unit rumah warga nelayan di Desa Tanjung Laimeo.

Dijelaskannya, saat ini bangunan rumah nelayan  rusak akibat abrasi pantai hingga akan dibangun dalam program  perumahan rakyat yang wujud program Konasara Pemerintah daerah Konut.

“Dukungan masyarakat terhadap program pemerintah dengan menghibahkan lokasinya,  itu sangat luar biasa. Saya bersama Wabup sangat berterima kasih, kepada seluruh pihak terutama masyarakat yang telah menghibahkan lokasinya untuk program perumahan nelayan di Desa Laimeo,” ujarnya.

Dikatakannya, Program Pemkab Konut dan Pemerintah Pusat ini sangat membantu dalam program ini sehingga mengucapkan selamat  kepada masyarakat penerima manfaat dapat menikmati dengan baik.

“Tahun ini juga, jalan desa mulai Desa Ulu Sawa, desa  Laimeo, Tanjung Laimeo sampai dipasar sawa, jalannya kita sudah akan aspal sehingga nantinya akses jalan tersebut dapat menimbulkan pengaruh positif terhadap ekonomi dan masyarakat,” janjinya.

BERSAMA: Bupati Konut Dr H Ruksamin bersama pimpinan SKPD dan staff Kementrian PUPR RI saat akan meresmikan pembangunan Rumah Nelayan bantuan APBN 2019 di Desa Laimeo Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara. POSKOTA/USMAN

Ditempat yang sama, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui SNVT/PNP  Provinsi Sultra Eka Mahendra,S.ST,M.MSp, menjelaskan Program perumahan nelayan tahun 2019 di Sulawesi Tenggara dialokasikan sebanyak 30 unit untuk 60 KK dengan total anggaran 7 miliar rupiah.
Untuk kabupaten Konawe utara berjumlah 15 unit diperuntukkan 30 KK dan Kolaka Utara sebanyak 15 unit untuk 30 KK.

“Sedangkan untuk proses pelaksanaan kegiatan pembangunan rumah nelayan, kami bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dan secara teknis di kerjakan oleh pihak rekanan setelah melalui proses tender,” ungkap Eka Mahendra.

Dijanjikannya, bagi masyarakat nelayan yang belum mendapat bantuan perumahan, saat ini masih ada peluang untuk mengajukan usulan dan Pemda menyiapkan lokasi.

Sementara itu, Kadis Perumahan Konut Azis Muslimin menambahkan bahwa upaya pemerintah daerah patut diapresiasi terhadap perhatian mereka kepada masyarakat dalam Program pembangunan rumah nelayan termasuk pembangunan Hunian Sementara terhadap korban bencana alam dan  sudah terealisasi  serta penyediaan hunian Tetap.

“Saat ini sementara direalisasikan dan diketahui,  Pembangunan rumah nelayan di Desa Laimeo berdasarkan usulan masyarakat melalui pemerintah desa setempat lalu kemudian usulan tersebut di proses oleh Pemerintah Daerah untuk dimasukan kedalam program pembangunan daerah,” katanya. (PS/USMAN)



Komentar Anda

Terkini: