Gelar Bakti Sosial Kesehatan PKK, Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Berharap Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Masyarakat

/ Sabtu, 17 Agustus 2019 / 16.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN - Menyambut dan menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dinas Kesehatan Provinsi menggelar Gebyar Bakti Sosial Kesehatan PKK KB dan Pendidikan, di Kampung KB, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung Kota Medan, Kamis (15/8).

Gebyar Bakti Sosial Kesehatan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Sumut Nawal  Edy Rahmayadi di Aula Kantor Lurah Bantan. Hadir di antaranya Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Ketua TP PKK Medan Rita Maharani, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan selaku Ketua Panitia, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumut Hidayati, OPD Pemko Medan, Camat Medan Tembung Ahmad Barli, Lurah Bantan Ahmad Huzal, dan masyarakat Medan Tembung.

Dalam sambutannya, Nawal menyampaikan harapan agar bakti sosial kesehatan yang terlaksana hari ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan diri sendiri dan keluarga. Karena, tanpa masyarakat yang sehat, sulit untuk mewujudkan pembangunan dan kemajuan Sumut.

"Pembangunan itu dimulai dengan membentuk keluarga yang berkualitas. Berkualitas pendidikannya, sehat jasmani dan rohaninya, dan sejahtera ekonominya. Semoga rangkaian yang kita gelar ini, bisa memberikan kesadaran melalui edukasi dan sosialisasi dari layanan yang tersedia hari ini," ucapnya.
Adapun tujuan lainnya dari acara ini, kata Nawal, ialah untuk menstimulasi dan menginspirasi jajaran OPD dan Pemerintahan di Sumut untuk mengkreasikan kegiatan nyata di masyarakat dan mampu merefleksikan tema dari Peringatan HUT ke-74 RI "Menuju Indonesia Unggul" sesuai bidang masing-masing.

Semoga rangkaian acara yang terlaksana bisa berjalan lancar dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Medan Tembung. Kemudian, acara ini memberi inspirasi bagi banyak orang dan bisa terselenggara berkelanjutan, harap Nawal.

Usai membuka, Nawal meninjau pelaksanaan layanan yang terselenggara pada Gebyar Bakti Sosial Kesehatan PKK. Sembari meninjau, dirinya pun beramah-tamah dengan para petugas dan masyarakat. Sesekali, Nawal memberikan imbauan dan penegasan terkait pentingnya menjaga kesehatan. Salah satunya, masalah TBC yang saat ini banyak diderita masyarakat Sumut.

“Tolong bagi warga yang mengidap TBC, melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara teratur. Tidak boleh berhenti satu hari pun, karena akan memperlambat dan memperpanjang proses penyembuhan,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa rangkaian Gebyar Bakti Sosial Kesehatan PKK digelar di dua lokasi yakni Kantor Lurah Kampung KB Bantan dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 12 Medan Tembung.

Rangkaian kegiatan di Gedung Kantor Lurah, kata Alwi, yakni pengobatan massal gratis, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan Inspeksi Visual Asam (IVA), pemeriksaan paru, konseling dan pelayanan KB, pembagian screen anti nyamuk. Sedangkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 12 Medan Tembung, dilaksanakan kampanye cuci tangan pakai sabun, kampanye sikat gigi sehat dan benar, pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kaca mata bagi siswa yang membutuhkan, pembagian paket sikat gigi, pembagian bahan promosi kesehatan sekolah, dan pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah.

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution mengucapkan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut di Kecamatan Medan Tembung. Miliki harapan yang sama dengan Ketua TP PKK Sumut, Akhyar inginkan agar acara tersebut mampu memberikan kesadaran dan wawasan bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan. “Kehadiran ibu-ibu PKK turun langsung dan membantu masyarakat wujudkan keluarga berkualitas, tentunya akan berdampak bagi percapatan pembangunan kita,” tuturnya.(PS/DIAN)

Komentar Anda

Terkini: