Sekda Pimpin Rapat Koordinasi Atasi Banjir, Transportasi & Sampah

/ Jumat, 02 Agustus 2019 / 00.27.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Ir Wiriya Alrahman MM memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penanganan Banjir, Transportasi dan Persampahan di Ruang Rapat III Balai Kota Medan, Rabu (31/7). Rapat ini digelar untuk mendengar sekaligus mengetahui berbagai progres serta rencana organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam mengatasi serta mengantisipasi ketiga permasalahan tersebut.
           
Didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Kota Medan Khairul Syahnan dan Kadis PU Kota Medan Isa Ansyari, Sekda mengungkapkan, rapat ini penting untuk dilakukan guna mengevaluasi setiap pekerjaan yang telah dilakukan OPD terkait. Dengan demikian, dapat diketahui program yang dijalankan dapat berjalan secara efektif. Terlebih, OPD terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan.

“Kita dihadapkan dengan berbagai persoalan klasik yang masih terus menerus dicari solusinya. Masyarakat membutuhkan kerja nyata dari kita semua sebagai seorang pelayan. Untuk itu, saya berharap di sini kita dapat sama-sama berkoordinasi dan menyamakan persepsi dalam menentukan langkah terbaik untuk mengantisipasi dan menangani berbagai permasalahan tersebut,’’ kata Sekda.

Kepada Dinas PU Kota Medan, Sekda mengatakan agar dapat membuat master plan untuk menangani masalah banjir khususnya di kawasan Lapangan Merdeka Medan. Salah satu caranya dengan membersihkan drainase dari sampah dan lumpur serta membuat crossing sehingga air dapat mengalir ke Sungai Deli. Sebab, selama ini kawasan Lapangan Merdeka kerap menjadi langganan banjir setiap kali hujan turun mengguyur Kota Medan.

“Kami menyarankan agar Dinas PU fokus membersihkan drainase di sekitaran Lapangan Merdeka dan membuat crossing sehingga air yang bersumber dari dari Jalan Stasuin dan Jalan Kesawan dapat dialihkan menuju Sungai Deli sehingga banjir dapat teratasi. Selain penanganan banjir, perbaikan jalan juga harus menjadi perhatian Dinas PU agar masyarakat dapat merasa nyaman secara keseluruhan. Lakukan setiap pekerjaan dengan pertimbangan yang matang agar tidak menjadi sia-sia,’’ kata Sekda.

Selanjutnya terkait transportsi, Sekda menyarankan agar Dishub menempatkan seluruh petugas di titik kemacetan baik pagi, siang, sore dan malam. Diharapkan, dengan kehadiran petugas dapat mengurai dan meminimalisir terjadinya macet. Dengan demikian, seluruh masyarakat baik yang tinggal maupun yang melintasi Kota Medan tidak merasa terganggu kenyamanannya.  

“Kami berharap Dishub dapat menempatkan petugsnya di semua waktu. Sebab, Kota Medan saat ini tidak lagi mengenal jam macet. Sejak pagi hingga malam arus komuter sangat ramai dan padat. Guna mengantisipasi dan mengurai kemacetan kiranya petugas dapat bekerja sekaligus berkoordinasi dengan pihak kepolisian saat berada di lapangan,’’ pesannya.

Terkait mengenai permaslaah sampah yang sampai hari ini masih terus dicari solusi penanganannya, Sekda minta DKP Kota Medan agar membangun sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak yang dapat membantu menangani masalah tersebut. Selain itu juga menginstruksikan agar pekerja di DKP dapat berperan aktif memberi edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Masalah sampah masih menjadi masalah kita semua. Sosialisasi, edukasi, ajakan, himbauan dan peringatan telah kita lakukan guna meminimalisir masalah tersebut. Namun saya percaya jika kita konsisten semua dapat teratasi. Selain itu, saya berharap DKP dapat mengubah seluruh taman di Kota Medan menjadi lebih indah, bersih dan asri. Serta senantiasa melakukan pengecekan dan pemotongan pohon guna menghindari terjadi pohon tumbang yang dapat membahayakan masyarakat,’’ imbuhnya.  

Rapat dihadiri sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan. Selama rapat, setiap OPD diminta untuk menyampaikan berbagai perkembangan program yang telah dilakukan serta rencana kerja yang akan direalisasi dalam waktu dekat. Dengan harapan permasalahan banjir, transportasi dan sampah dapat segera diatasi dan ditangani.(PS/RYANT)

Komentar Anda

Terkini: