Bupati Dairi Buka Kegiatan Pelatihan Dasar Kebencanaan

/ Selasa, 24 September 2019 / 21.51.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - DAIRI -
Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi mengadakan kegiatan pelatihan dasar kebencanaan pada Senin (23/9/2019) di Hotel Mutiara Sidikalang yang dibuka  oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. Turut di hadiri oleh Kepala BPBD Kabupaten Dairi Bahagia Ginting serta para narasumber pelatihan dasar kebencanaan. 

Sedangkan para peserta pelatihan yang hadir adalah dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kelurahan Batang Beruh, Desa Sumbul, Desa Berampu, Desa Sitinjo II, Desa Tualang dan Desa Lau Mil.

Dalam sambutannya, Bupati Dairi mengatakan untuk mewujudkan Dairi tangguh bencana harus di mulai dari masyarakat itu sendiri dan pelatihan dasar kebencanaan yang sedang berlangsung saat ini. Nantinya diharapkan dapat melakukan pembentukan Posko siaga di Desa dan Kelurahan yang merupakan kelanjutan pembentukan Desa tangguh Bencana yang sudah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. 

“Saat ini Kabupaten Dairi tengah disorot karena musibah bencana kebakaran lahan yang terjadi beberapa waktu yang lalu sehingga mengakibatkan aktivitas warga menjadi terganggu di beberapa daerah yang lain,” kata Bupati.


Selanjutnya dikatakannya musibah bencana kebakaran tersebut telah ditangani langsung dengan sigap oleh para petugas satgas bencana yang dibantu oleh dari pihak Kepolisian, Manggala Agni dan masyarakat setempat.

Bupati Dairi menghimbau kepada para peserta agar mengikuti dan memanfaatkan kegiatan pelatihan dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu kebencanaan  sebanyak-banyaknya, sehingga nantinya dapat diteruskan ke seluruh masyarakat Dairi khususnya yang ada di Desa. 
Dan nantinya pesan tersebut disampaikan ke seluruh masyarakat Desa sehingga ketika ada bencana yang menimpa suatu daerah, bencana tersebut sejak dini sudah dapat di cegah. Dan harus  mampu meningkatkan kemampuan masyarakat secara mandiri untuk menghadapi bencana. 

Tak lupa Beliau mengucapkan terimakasih kepada para narasumber yang telah hadir dalam pelatihan tersebut dan berharap agar para narasumber dapat memberikan ilmu pelatihan dasar kebencanaan dengan sebaik-baiknya kepada para peserta pelatihan.

Sebelumnya dalam laporannya, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Dairi Lipinus Sembiring mengatakan pelatihan dasar kebencanaan akan berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 23-25 September 2019 dengan beberapa bentuk pelatihan yakn :i membentuk jiwa kemanusiaan, finalisasi rencana penanggulangan bencana Desa, membuat rancanagn koordinat titik bencana gempa bumi serta pengintegrasian rencana program bencana Desa ke dalam rencana pembangunan jangka menengah Desa. (PS/NINING)
Komentar Anda

Terkini: