Bupati Dairi Tanggapi Tentang Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi Seputar Masalah Tes IQ

/ Rabu, 11 September 2019 / 22.44.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - DAIRI - Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu telah menanggapai tentang adanya kegiatan tes IQ yang dilaksanakan Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi dibeberapa sekolah.

Hal itu disampaikan Plt.Kabag Humas Pemkab Dairi Palti Pandiangan ketika dijumpai diruang kerjanya Selasa , (10/09/2019) kepada awak media ini.Setelah membaca berita di media online Poskotasumatera, sudah menyampaikan tentang hal itu.

Namun bapak Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan kepada saya,yah sudah saya sudah tau,karena masih banyak urusan yang lain tunggulah . Itulah yang disampaikan Plt.Kabag Humas Pemkab Dairi Palti M.Pandiangan kepada wartawan akhir percakapannya dengan wartawan Poskotasumatera.

Sebelumnya setelah selesai wartawan menyampaikan informasi tentang tes IQ yang dilaksanakan Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi di beberapa Sekolah SD Negeri dan SMP Negeri, Sekda Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan,SH.M.Pd langsung menelepon Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi Dra.Rosema Silalahi melalui ajudannya.

Setelah ajudannya menelpon melalhui Hand Phone (HP) Kadis Pendidikan itu, dihadapan Sekda dan wartawan, namun HP Kadis Pendidikan tidak menjawab kata ajudan.Tetapi Sekda mengatakan akan secepatnya memanggil Kadis itu supaya menanyakan kegiatan yang dilakukan,dan bagaiman bantuknya tes IQ itu.

Terus terang saya tidak tahu tentang kegiatan itu tegas Tinambunan dalam keterangannya kepada wartawan di gedung DPRD Dairi setelah selesai mengikuti Sidang Paripurna pengsahan RPJMD 2019-2014 , Jumat (06/09/2019).

Begitu juga sebelumnya, telah menjumpai beberapa Kepala Sekolah SDN dan SMPN di Kabupaten Dairi, dan para Kepsek itu mengakui adanya kegiatan tes IQ itu dilakukan oleh Kadis Pendidikan,dan menurut mereka terpaksa dilaksanakan, karena itu adalah perintah dari Kadis, yang mendampingi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Efendi Sirait, sedangkan yang melakukan tes tersebut kata mereka datang dari Medan sebut beberapa Kepala Sekolah itu.

Sempat beberapa Kepala Sekolah diwawancarai menyebutkan dikenakan Rp.100.000.-per murid, dan dananya diambil dari dana Bantuan Oprasi Sekolah (BOS).Tetapi jauh sebelumnya,wartawan pernah menjumpai Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi Rosema Silalahi dikantornya mengakui ada dilaksanakan Tes IQ disekolah-sekolah.Tapi menurutnya datang dari Provinsi Sumut. Namun Kadis  tidak mau memberikan rincian kepada wartawan dari instansi mana yang melakukan tes IQ tersebut.

Pada hari yang berbeda saat itu, wartawan menjumpai Drs.Elvis Panggabean Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar,juga sebagai manager dana BOS langsung angkat tangan ketika ditanya tentang kegiatan tes IQ tersebut. Saya tidak tahu tentang itu, langsung saja kepada Kepala Dinas Pendidkan sebut Panggabean. Foto Plt.Kabag Humas Pemkab Dairi Palti M.Pandiangan. (PS/K.TUMANGGER).
Komentar Anda

Terkini: