Jadikan Momentum Haornas Untuk Lebih Maju dan Berprestasi

/ Senin, 09 September 2019 / 18.04.00 WIB
Keterangan Foto Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul Pasaribu,SH membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI M Nahrawi  pada peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-36 tahun 2019.  (POSKOTA/BERMAWI)
POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Jadikan momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) untuk lebih maju dan berprestasi demi bangkitnya olahraga Indonesia. Hal itu diungkapkan Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu saat menghadiri peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-36 tahun 2019 tingkat Kabupaten Tapsel di lapangan Sarasi 2, Kelurahan Bintuju, Kecamatan Angkola Muaratais, Senin (9/9/2019).

Dalam sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI M Nahrawi yang dibacakan Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu menyampaikan tema haornas tahun ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, masyarakat tidak hanya terpaku melakukan olahraga ditempat fasilitas olahraga saja akan tetapi bisa dilakukan dimana saja, dengan berolahraga dapat mendukung kebijakan Presiden tentang Revolusi Mental serta SDM Unggul Indonesia Maju,

Pembinaan atlet muda berbakat/yang didukung oleh talent identification dan talent scounting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan Asean Schools Games (ASG) 2019 di Semarang. Indonesia tidak sekedar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

Seperti yang kita ketahui bersama ditahun 2018  diperhelatan Asian Games dan Asian Paragames. Pada ajang Asian Games 2018 Indonesia berada diperingkat ke 4 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu.

Namun yang lebih membanggakan adalah atlit Disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 Emas, 47 Perak dan 51 Perunggu. Itu pertanda bahwa kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini, atlit unggulan dan atlit disabilitas.

Dengan demikian, kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang dan tahun ini kita telah menyiapkan atlit-atlit yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo.

Adapun cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Olimpiade 2020 merupakan cabang olahraga unggulan yang kita harapkan mampu melampaui target yang ditentukan.

Kesuksesan menjadi tuan rumah dalam ajang pertandingan olahraga tingkat Asean menjadi tolak ukur untuk bisa menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2032. Keinginan tersebut telah ditindaklanjuti oleh Presiden RI Joko Widodo melalui surat pengajuan sebagai kandidat tuan rumah yang disampaikan kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) melalui Duta Besar Indonesia di Swiss.

Oleh karena itu, Syahrul mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tapsel untuk meningkatkan hidup sehat dengan berolahraga kapanpun dan di manapun. “Melalui Haornas ke 36 tahun 2019, marilah kita jadikan olahraga sebagai kebutuhan hidup kita sehari – hari,” ajaknya.

Setelah itu Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu menandatangani balon berhadiah dan sekaligus melepasnya yang didampingi Wabup Tapsel H. Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Asisten Pemerintahan Umum Hamdan Zen, Staf Ahli Bupati Zulfahmi, Kadis Pariwisata Abdul Saftar, Camat Angkola Muaratais AM Fadhil dan pimpinan Bank Sumut Cab. Sipirok dengan dilanjutkan penyerahan pakaian Jersey Goes Tapsel kepada Bupati Tapsel.

Kemudian dilakukan senam massal yang diikuti oleh para pejabat Tapsel, para ASN dan seluruh pelajar baik tingkat SD, SMP maupun SMA. Setelah itu dilanjutkan dengan atraksi atlet pencak silat dari IPSI Kab. Tapsel dengan dilanjutkan lomba senam dan tarik tambang putra dan putri antar Kecamatan se-Kab. Tapsel.

Diakhir acara Haornas dilakukan penyerahan para pemenang lomba tarik tambang, adapun pemenang lomba tarik tambang putra juara I Kecamatan Sipirok, juara II Kecamatan Angkola Barat, juara III Kecamatan Sayurmatinggi dan juara IV Kecamatan Batang Angkola sedangkan untuk putri juara I Kecamatan Batang Toru, juara II Kecamatan Batang Angkola, juara III Kecamatan Muara Batang Toru, juara IV Kecamatan Angkola Muaratais dan juga kepada para pemenang fun aerobic. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: