Kapolda Sumut Mendukung Pemko Medan Menata Gedung Warenhuis Medan

/ Jumat, 20 September 2019 / 12.11.00 WIB
Ket Foto:Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH berfoto bersama dengan Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi MH dan Pimpinan OPD dilingkungan kota Medan.(POSKOTA/RIADI)
POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Upaya Pemko Medan untuk menata Gedung Warenhuis dan kawasan sekitarnya di Jalan Hindu, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat mendapat dukungan Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH, Jumat (20/9/2019), Pemko Medan dan Polda Sumut bekerja sama melakukan pembersihan di lokasi gedung bersejarah yang dulunya merupakan bangunan supermarket pertama di Kota Medan tersebut.

Sebelum gotong royong dilakukan, Kapolda Sumut lebih dulu memimpin apel yang dihadiri Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan. Sebagai tanda simbolis dimulainya aksi bersih-bersih, Kapolda selanjutnya menyerahkan peralatan gotong royong kepada dua orang personel.

Usai apel, Kapolda dan Wali Kota selanjutnya mendengar penjelasan Kadis Perumahan Kawasan Perumahan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan Benny Iskandar. Dalam penjelasan singkatnya, Pemko Medan akan mengembalikan Gedung Warenhuis sebagai bangunan heritage, termasuk memperlihatkan gambar Gedung Warenhuis usai ditata nantinya berikut wilayah sekitarnya.
Setelah itu Wali Kota dan Kapolda Sumut memasuki Gedung Warenhuis untuk melihat langsung kondisi bangunan bersejarah tersebut. Keduanya tampak kagum dengan desain dan arsitektur bangunan peninggalan Belanda sekalipun kondisinya sudah banyak yang rusak. Sebagai wujud kepedulian untuk mengembalikan Gedung Warenhuis sebagai salah satu bangunan cagar budaya di Kota Medan, Wali Kota dan Kapolda Sumut sempat mengecet tiang bangunan.

Kemudian Wali Kota dan Kapolda berjalan kaki menuju Pasar Hindu yang lokasinya tidak jauh dari Gedung Warenhuis. Di belakang Pasar Hindu ternyata terdapat bangunan Madrasah Al Washliyah yang dibangun 30 Nopember 1930 dan kini dijadikan sebagai museum. Direcanakan, bangunan madrasah itu juga akan direvitalisasi bersama Masjid Bengkok yang berada di Jalan Masjid.

Aksi bersih-bersih Pemko Medan bekerjasama dengan Polda Sumut berjalan dengan lancar. Seluruh petugas yang terlibat tampak penuh semangat membersihkan Gedung Warenhuis dan kawasan sekitarnya. Di samping itu pembersihan serupa juga dilakukan di seputaran Kantor Pos yang berada di kawasan Titik 0 Kota Medan (kawasan Lapangan Merdeka). Aksi bersih-bersih ini mendapat apresiasi penuh warga sekitar, sebab mereka ingin melihat kembali Gedung Warenhuis seperti masa kejayaannya dulu.

Kapolda Sumut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota atas dilaksanakannya aksi bersih bersama di lokasi Gedung Warenhuis. Sebab, kegiatan ini dinilai sebagai bentuk kehadiran negara bagi masyarakat dalam upaya menghadirkan kembali Kota Medan yang pernah dijuluki sebagai Parijs Van Sumatera.

“Kita punya banyak warisan bersejarah di Kota Medan, salah satunya Gedung Warenhuis. Apabila kita rawat dengan baik tentunya akan menjadi ikon Kota Medan. Untuk itu mari kita rawat dan lestarikan seluruh bangunan bersejarah sehingga menjadi bangunan heritage. Dengan demikian akan menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” kata Kapolda.

Di kesempatan itu Kapolda selanjutnya menyampaikan apresiasi atas komitmen Pemko Medan dalam melakukan penataan di Kota Medan. Salah satu buktinya hingga kini Pemko Medan telah menumbangkan sekitar 4.500 papan reklame bermasalah yang ada. Atas dasar itulah tegas Kapolda, Polda Sumut beserta seluru jajaran siap mendukung penuh upaya Pemko Medan tersebut.

Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH juga menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan Kapolda Sumut beserta seluruh jajaran dalam rangka melakukan penataan, termasuk mengembalikan bangunan bersejarah menjadi cagar budaya. “Dukungan yang telah diberikan Bapak Kapolda beserta seluruh jajaran tentunya semakin memotivasi kita dalam melakukan penataan di Kota Medan,” ungkap Wali Kota.

Berkat dukungan yang telah diberikan Polda Sumut, jelas Wali Kota, upaya penataan yang dilakukan Pemko Medan bersama OPD terkait mulai membuahkan hasil diantaranya penertiban papan reklame bermasalah, parkir liar, terminal liar, kebersihan, pedagang kaki lima serta mengembalikan bangunan bersejarah menjadi cagar budaya. “Alhamdulillah hasil dari penataan yang dilakukan, kita mulai merasakan hasilnya. Untuk itu kita berharap agar Polda Sumut beserta seluruh jajaran terus mendukung Pemko Medan dalam melakukan penataan sehingga keinginan menjadikan Kota Medan sebagai Parijs Van Sumatera dapat terwujud,” harapnya.

Terkait dengan penataan Gedung Warenhuis, Wali Kota ingin menjadikan bangunan bersejarah itu sebagai salah satu ikon membanggakan di Kota Medan. Dengan demikian Kota Medan tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata kuliner saja tetapi juga wisata heritage yang menarik di Tanah Air. “Jika ini terwujud, saya optimis jumlah wisatawan yang datang mengunjungi Kota Medan akan lebih banyak lagi ke depannya,” jelasnya. (PS/RIADI)
Komentar Anda

Terkini: