Kemenko Kemaritiman Tinjau Perpustakaan Prof Lafran Pane

/ Jumat, 20 September 2019 / 12.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Kementerian Koordinator Kemaritiman RI yang diwakili Asisten Deputi Bidang Infrastruktur Pelayanan, Perikanan dan Pariwisata Rahman Hidayat, mengunjungi perpustakaan Prof. Lafran Pane dan objek wisata beserta peninggalan bersejarah yang berada di wilayah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (19/9) malam.

Rahman Hidayat yang didampingi Sekda Tapsel Parulian Nasution meninjau langsung perpustakaan Prof Lafran Pane dan objek wisata beserta peninggalan bersejarah yang berada di Parau Sorat.

Pada saat peninjauan Asisten Deputi didampingi Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Balai Besar Jalan Nasional (BBPJN) II Medan, Patar Ronny beserta rombongan lainnya. Sementara Sekda Tapsel didampingi Kadis PUPR Chairul Rizal Lubis, Kadis Perpustakaan Ongku Muda Atas Sormin, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar dan Direktur RSUD Kab. Tapsel Drg. Firdaus Batubara.

Asisten Deputi Bidang Infrastruktur Pelayanan, Perikanan dan Pariwisata, Rahman Hidayat mengatakan, perpustakaan Prof Lafran Pane yang terletak di Desa Pangurabaan menjadi daya tarik tersendiri bagi saya, karena tidak hanya gedung dan koleksi bukunya, akan tetapi sosok Prof Lafran Pane merupakan pahlawan nasional yang patut kita teladani, ujar Rahman.

Lanjut Rahman, bahwasanya kunjungan ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita semua, apalagi sejarah Lafran Pane diangkat pada film layar lebar, lewat film layar lebar inilah orang kenal dengan Sipirok begitu juga dengan kebudayaan lokal dan hasil kerajinannya serta objek wisata yang ada di Tapanuli Selatan, terang Asdep.

Disela-sela kunjungan Asdep, Sekda Tapsel Parulian Nasution menerangkan, bahwasanya Perpustakaan Prof Lafran Pane ini sudah banyak dikunjungi oleh tokoh-tokoh nasional termasuk seorang peneliti sejarah dari Universitas Leiden Belanda, terangnya

Selain kunjungannya ke perpustakaan Prof Lafran Pane, Sekda juga mengajak Asdep untuk mengunjungi Rumah Prof Lafran Pane yang kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi objek wisata dan peninggalan bersejarah seperti Aek Milas Parau Sorat, GKPA Parau Sorat, Masjid Yayasan Muslim Pancasila Parau Sorat dan Rumah Anwar Nasution mantan Ketua BPK RI.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: