Materi dan Metode Dakwah TGB Menjadi Tema Dialog Nasional Para Tokoh di Sumut

/ Jumat, 20 September 2019 / 22.30.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN – Gerakan Da’i Kerukunan Dan Kebangsaan Indonesia (GDKK) Sumatera Utara, akan lounching buku sekaligus mengadakan dialog nasional pemikiran dan metode dakwah Tuan Guru Batak (TGB), agar bisa dijadikan referensi sekaligus solusi bagi masalah kebangsaan dan kerukunan bangsa saat ini.

Ketua Umum GDKK Sumut, Dr Sholahuddin Harahap, MA yang sekaligus mewakili tim penulis buku Tuan Guru Batak As-Syekh Dr H Ahmad Sabban el- Rahmany Rajagukguk, MA menyebutkan, peluncuran  buku dan dialog nasional ini di latar belakangi oleh situasi sosial politik dan keagamaan. Di mana,  dalam perkembangan belakangan ini kerap terjadi gesekan dan sensitifitas keberagaman yang berpotensi mengancam kerukunan dan keutuhan NKRI.

“Di tengah kondisi sosial politik dan keagamaan tersebut, dakwah TGB As-Syekh Dr H Ahmad Sabban el-Rahmany Rajagukguk, MA selalu hadir menyampaikan narasi-narasi menyejukkan,” ujar Sholahuddin kepada Poskotasumatera.Com, Kamis (19/9) di Medan.

Dijelaskan,  buku yang berjudul “Dakwah Kerukunan Dan Kebangsaan” ini memotret dakwah Tuan Guru Batak yang humanis, mendamaikan, dan mempersatukan dengan tetap menjujung tinggi sakralitas tauhid dan aqidah yang kuat dan lurus. Dakwah yang menghargai pluralitas dan menggelorakan kesetiaan terhadap Pancasila, UUD 45, NKRI dan ke Bhinnekaan.
Sholahudin yang juga Dosen Pasca Sarjana UINSU berharap, buku ini dapat berkontribusi sekaligus solusi terhadap carut marutnya penegakan kerukunan di tengah masyarakat Indonesia. “Inilah sebuah karya anak bangsa yang sangat mencintai negerinya berikut segala kekayaan dan keberagaman di atasnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, sekretaris panitia, Muhammad Ikhyar Harahap, SH menyatakan, kegiatan peluncuran buku dan dialog nasional untuk membahas pemikiran dan metode dakwah Tuan Guru Batak As-Syekh Dr H Ahmad Sabban el-Rahmany Rajagukguk, MA akan diadakan pada Senin, 23 September 2019 mendatang di Hotel JW Marriot Medan. Kegiatan ini direncanakan akan di hadiri para da’i, tokoh-tokoh lintas agama, lintas etnis dan mazhab serta para pejabat pemerintah, TNI dan Polri.

Dialog Nasional yang mengambil tema ‘Memperkokoh Ikatan Persaudaraan Kebangsaan' dijelaskan Ikhyar bertujuan untuk menjadikan agama sebagai perekat bangsa dalam merawat kemajemukan dengan cinta, seperti yang selalu di gelorakan oleh TGB dalam setiap dakwahnya.

“Tuan Guru Batak merupakan seorang ulama dan tokoh sufi muda. Di dalam pendekatan dakwahnya ia selalu mengedepankan at-tawassuth (ditengah), at-tawazzun (seimbang), al-i’tidal atau tegak lurus, toleran dan menghargai ke bhinnekaan dalam bentuk ceramah oral maupun tulisan di berbagai media cetak dan online. Hal ini sangat mendamaikan dan menjadi solusi bagi umat, khususnya masyarakat Sumatera Utara,” ujar Ikhyar.

Disebutkan, untuk pelaksanaan dan kesuksesan kegiatan ini, pihaknya telah menyampaikan undangan dan melakukan audiensi dengan berbagai pihak termasuk audiensi dengan Pangdam I/BB yang di wakili oleh Kapendam BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, S. Sos, M.Si. di Makodam Jalan Gatot Subroto Medan, pada Senin,  16 September 2019, dan mendapat sambutan yang sangat baik.
Kapendam BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, S.Sos, M.Si mengapresiasi kegiatan lounching buku dan dialog nasional yang membahas pemikiran dan metode dakwah Tuan Guru Batak As- Syekh Dr. H. Ahmad Sabban el-Rahmany Rajagukguk, MA. Ia berjanji akan menyampaikan dan meneruskan undangan serta hal pokok dari tema kegiatan ini kepada Pangdam BB Mayjend TNI MS. Fadhiah yang diharapkan bisa menyampaikan kata sambutan pada kegiatan ini.

Ikhyar juga mengkonfirmasi bahwa sejumlah tokoh dan pengambil kebijakan yang diundang, sudah memberikan konfirmasi kehadirannya sekaligus akan memberikan kata sambutan serta penguatan terhadap tema-tema yang akan di diskusikan.

“Para tokoh yang sudah menyatakan siap hadir diantaranya Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Adrianto, Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara TGS. Prof. Dr. KH. Saidurrahman,M.Ag,” ujarnya.

Adapun narasumber dalam acara dialog nasional nantinya adalah  Ketua MUI Sumut Prof. Dr. KH. Abdullah Syah, MA, Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Uskup Agung Medan Mgr. Kornelius Sipayung, O.F.M. Cap., Ketua Walubi Sumut dr Indra Wahidin, Ketua MATAKIN (Kong Hu Chu) Drs Rasmadi Bap, Ketua Yayasan Buddha Tzu  Chi  Medan Mujianto dan Ketua FKUB Sumut Dr. H. Maratua Simanjuntak. (PS/HASAN)

Komentar Anda

Terkini: