Naposo Nauli Bulung Desa Hutaginjang Diberikan Pelatihan Menjahit Sepatu

/ Jumat, 27 September 2019 / 14.02.00 WIB
Ket Foto : Usai Pelatihan Kepala Desa Hutaginjang Mara Imam Siregar foto bersama dengan peserta dan nara sumber di Kantor Kepala Desa baru baru ini. (POSKOTA/BERMAWI)

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pemerintah Desa Hutaginjang  Kecamatan Angkola Timur  Kabupaten Tapanuli Selatan ,Provinsi Sumatera Utara  mengadakan program menjahit sepatu untuk Naposo Nauli Bulung baru baru ini.

Program ini dilakukan untuk  meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM yang akan diterjunkan ditengah masyarakat, ujar Kepala Desa Hutaginjang Mara Imam Siregar  di ruang kerjanya  Jum'at (27/9).

Naposo Naui Bulung  Desa Hutaginjang yang berjumlah puluhan  orang diberikan latihan tehnik menjahit sepatu  terlihat sangat senang mengikuti pelatihan kursus menjahit sepatu yang bersumber dari Dana Desa itu," pungkas Kades.
Ditambahkan Kades,"  masyarakat Desa  Hutaginjang sangat terbantu dengan adanya program dari pemerintah Desa Hutaginjang
dan semoga bermanfaat sehingga menjadikan penjahit sepatu  yang mandiri dan profesional, dan mewarisi keahlian menjahit pada generasi penerus selanjutnya,”ungkapnya.
Di tempat terpisah Amran Siregar, selaku nara sumber  pelatihan menjahit sepatu mengatakan,pertama tama yang diajarkan yaitu mempelajari tehnik menjahit agar bagus dan jangan cepat rusak.

Kemudian  belajar menjahit sepatu yang rusak, jika sepatu kita rusak bisa jahit sepatu sendiri. Manfaatnya secara ekonomi untuk mengurangi biaya sehari hari dan bisa untuk membuka lapangan kerja bagi naposo nauli bulung yang masih pengangguran. Sehingga bila merantau ke Kota besar tidak dapat pekerjaan bisa membuka lapangan kerja sendiri dan tidak menggantungkan hidup kepada orang lain.

Amran Siregar,  berharap untuk bisa memberdayakan naposo nauli bulung agar  menjadi tukang jahit sepatu yang profesional.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: