Polres Dairi Dan Kodim 0206 Dairi Beserta Pemkab Dairi Tinjau Kebakaran Hutan.

/ Senin, 23 September 2019 / 22.17.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - DAIRI -
Polres Dairi Dan Kodim 0206 Dairi Serta Pemkab Dairi Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) Serta Memberikan Himbauan Larangan Membuka Lahan Atau Semak Belukar Dengan Cara Membakar Khususnya di Wilayah Hukum Polres Dairi, Senin (23/09/2019) diDesa Silahi III Kecamatan Silahi Sabungan Kabupaten Dairi, tepatnya diperladangan masyarakat sekitar perbukitan rumah tinggal. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut adalah 
Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu,  Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan, SIK, Dandim 0206 Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto, KA BPBD Kabupaten Dairi  Rafael Ginting, Kabag Ops Polres Dairi Kompol WH Pranggono, Kapolsek Sumbul AKP A.R Siregar SH, Danramil Sumbul Kapten L.Situmorang, Kasi Propam Polres Dairi Ipda Kornel Situmorang SH, Kanit Tipiter Polres Dairi Ipda H.Sianipar SH,  Petugas Polhut Dinas Kehutanan Provinsi Sumut, Petugas Tim Manggala Agni Kabanjahe, Staf Kantor Camat Kecamatan Silahisabungan, Para Kepala Desa Kecamatan Silahisabungan, Personil Polres Dairi, Personil Polsek Sumbul, Anggota BPBD Kabupaten Dairi dan Para Insan Media Pers.

Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan, SIK, menyampaikan bahwa hal-hal kebakaran rumput semak belukar akhir- akhir  ini sudah sering terjadi di Kecamatan Silahisabungan dan akan menindak bila ada unsur-unsur kesegajaan membakar lahan dan hutan sesuai dengan undang-undang yang berlaku di republik Indonesia.

Selanjutnya Polres Dairi dan Kodim 0206 Dairi telah membentuk Tim dalam upaya melakukan Lidik penyebab terjadinya kebakaran lahan dan Polres Dairi akan melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan terhadap warga masyarakat yang memiliki Tanah Perladangan di sekitar lokasi kebakaran lahan.


Diharapkan kepada masyarakat tidak sembarangan melakukan pembakaran sekitar lahan dimana sekarang musim kemarau agar tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Silahi Sabungan serta mengajak Warga Masyarakat Kecamatan Silalahi sabungan agar bersama-sama dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran lahan. Karena kebakaran lahan mempunyai dampak kepada kesehatan warga masyarakat dan juga kepada lahan dan tanaman pertanian masyarakat.

Selain itu juga diinstruksikan kepada Camat, Kepala Desa dan Perangkat Desa Kecamatan Silahisabungan agar melakukan langkah-langkah konkrit dalam upaya pencegahan Kebakaran lahan.

Sebagaimana diketahui para Muspida Kabupaten Dairi akan membentuk Posko bersama di Kecamatan Silahisabungan dalam rangka upaya pencegahan terjadinya Kebakaran lahan.

Adapun Pelaksanaan kegiatan Peninjauan lokasi tersebut serta memberikan himbauan kebakaran hutan dan lahan tersebut berjalan dengan aman dan kondusif.(PS/NINING)



Komentar Anda

Terkini: