Sekda Kabupaten Dairi Akan Panggil Kadis Pendidikan,Seputar Masalah Tes IQ di Sekolah

/ Jumat, 06 September 2019 / 22.08.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SIDIKALANG-Setelah mengetahui dari wartawan adanya kegiatan tes IQ yang dilaksanakan Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi dibeberapa sekolah ,yaitu di Sekolah Dasar Negeri (SDN),maupun beberapa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang ada di Kabupaten Dairi.

Dengan adanya informasi itu diketahui,Sekda Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan,SH.M.Pd langsung menelepon Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi Dra.Rosema Silalahi melalui ajudannya.

Setelah ajudannya menelpon melalhui Hand Phone (HP) Kadis Pendidikan itu,dihadapan Sekda dan wartawan,namun HP Kadis Pendidikan tidak menjawab kata ajudan.Tetapi Sekda mengatakan akan secepatnya memanggil Kadis itu supaya menanyakan kegiatan yang dilakukan,dan bagaiman bantuknya tes IQ itu.

Terus saya tidak tahu tentang kegiatan itu tegas Tinambunan dalam keterangannya kepada wartawan di gedung DPRD Dairi setelah selesai mengikuti Sidang Paripurna pengsahan RPJMD 2019-2014 ,Jumat (06/09/2019).

Sebelumnya,wartwan sudah menjumpai beberapa beberapa Kepala Sekolah SDN dan SMPN di Kabupaten Dairi,dan para Kepsek itu mengakui adanya kegiatan tes IQ itu dilakukan oleh Kadis Pendidikan,dan menurut mereka terpaksa dilaksanakan,karena itu adalah perintah dari Kadis dan ada yang mendampingi dari Dinas pendidikan Kabupaten Dairi ES,sedangkan yang melakukan tes tersebut kata mereka datang dari Medan sebut beberapa Kepala Sekolah itu kepada wartawan.

Menurut Kepala Sekolah itu, sudah kebingungan mengatasi dana dari mana nanti diambil para Kepsek untuk menanggulanginya,sementara permurid dikenakan Rp.100.000.-Sedangkan dari dana Bantuan Oprasi Sekolah(BOS) tidak bisa dibuat sebut mereka.

Jauh sebelumnya ,wartawan pernah menjumpai Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi Rosema Silalahi dikantornya baru-baru ini mengakui ada dilaksanakan Tes IQ disekolah-sekolah.Tapi menurutnya itu datang dari Provinsi Sumut. Namun Kadis  tidak mau memberikan rincian kepada wartawan dari instansi mana yang melakukan tes IQ tersebut.

Pada hari yang berbeda,wartawan menjumpai Drs.Elvis Panggabean Kabid Pendidikan Dasar,dan juga sebagai manager dana BOS langsung angkat tangan ketika ditanya tentang kegiatan tes IQ tersebut. Saya tidak tahu tentang itu,langsung saja kepada Kepala Dinas Pendidkan sebut Panggabean.

Sekda Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan,SH.M.Pd sedang memberikan keterangan kepada wartawan di gedung DPRD Dairi.(PS/K.TUMANGGER).
Komentar Anda

Terkini: