UP2K Desa Gunung Tua Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Masuk Rekor Desa Percontohan Se-Kecamatan Tanah Pinem

/ Jumat, 06 September 2019 / 22.32.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM - DAIRI -
Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, yang telah mengunjungi masyarakat Desa Gunung Tua Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi khususnya para ibu PKK mengharapkan agar selalu kompak dan bersatu membuat terobosan atau inovasi-inovasi.        

Di mana Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) sangat mendukung masyarakat. Karena pengelolaannya langsung dari, oleh dan untuk masyarakat. Sehingga dengan adanya program UP2K, diyakini dapat mendorong terciptanya lapangan pekerjaan. Begitu juga sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat pedesaan.

“Karena itu, kegiatan program UP2K tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu program untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga. Sekaligus dapat meningkatkan daya beli masyarakat,” ujar Kepala Desa Gunung Tua, Susi Sembiring Kamis ( 05/09/2019 ).

Dikatakannya, untukmendapatkan gelar juara harus melalui usaha yang gigih, kerja sama, komunikasi yang baik dan bekerja dengan ikhlas, cerdas dan berkualitas. Jangan asal-asalan.


"Saya sering mengingatkan agar tingkatkan Silaturahmi. Jika ada silaturahmi ada persatuan, ada persatuan ada kekuatan, ada kekuatan maka tujuan akan berhasil. Bagaimana bisa menang jika kekuatan tidak ada, bagaimana bisa kuat jika tidak bersatu, Nah ini harus diterapkan para Ibu  UP2K," ucapnya.

Menurutnya penilaian dan kriteria mencakup beberapa  aspek yaitu bidang Kelembagaan, Administrasi dan Kegiatan-Kegiatan UP2K PKK. Dan hal tersebut yang menjadi dasar pembinaan Desa Percontohan UP2K. Karena itu, persiapkan diri, baik itu perorangan maupun per kelompok.

Sebagaimana diketahui kegiatan UP2K PKK Desa Gunung Tua sampai saat ini adalah dengan membuat makanan ringan seperti Keripik Talas, Keripik Ubi, Bawang Goreng dan Dodol. Namun kendala yang dihadapi adalah masalah Pemasaran. "Dengan terpilihnya Desa Gunung Tua sebagai Desa Percontohan, sebagai Kepala Desa PR saya bersama dengan warga adalah mencari jalan untuk pemasaran makanan ringan tersebut" ujar Susi.

Sementara itu berbagai kegiatan juga sudah berjalan baik di Desa Gunung Tua.
BUMDES Gunung Tua saat ini sudah membuka BRI LINK yang dikelola oleh bendahara Manager BUMDES.
Kegiatan Karang Taruna juga sudah menunjukkan Prestasi melalui Pertandingan Voli dan berhasil menjadi Juara I dalam KARANG TARUNA CUP sekecamatan Tanah Pinem , Kegiatan Posyandu Lansia dan Balita yang setiap bulannya mengadakan makanan tambahan (susu, bubur) dan Paud Edelweis yang sejak tahun 2017 sudah ada.

"Sekarang ini kami akan memprogramkan pembuatan taman-taman PKK dipinggir jalan agar nampak rapi dan asri " ucap Susi. (PS/NINING).


Komentar Anda

Terkini: